Kompetensi adalah kemampuan yang sanggup dilakukan penerima didik yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Standar ialah kode atau pola bagi pendidik wacana kemampuan dan keterampilan yang menjadi konsentrasi proses pembelajaran dan peskoran. Kaprikornus baku kompetensi adalah batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan sanggup dilakukan penerima didik sesudah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu.
Cakupan bahan yang terkandung dalam setiap baku kompetensi cukup luas dan terkait dengan konsep yang ada dalam suatu mata pelajaran. Sesuai dengan pengertian tersebut, baku kompetensi bahasa Inggris adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa sebagai hasil dari mempelajari bahasa Inggris
Untuk mata pelajaran bahasa Inggris di SMA, telah dirumuskan tiga baku kompetensi, sebagai diberikut.
- Berkomunikasi verbal dan tertulis memakai ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan terpercaya dalam wacana interaksional dan/atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk naratif, prosedur, spoof/recount, report dan news item. (Tema diubahsuaikan dengan jenis teks yang sedang dibahas dan tingkat kemampuan linguistik siswa.)
- Berkomunikasi verbal dan tertulis memakai ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan terpercaya dalam wacana interaksional dan/atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk deskriptif, naratif, anekdot, eksposisi analitis, dan eksposisi hortatory yang mengarah kepada variasi arti interpersonal. (Tema diubahsuaikan dengan jenis teks yang sedang dibahas dan tingkat kemampuan linguistik siswa)
- Berkomunikasi verbal dan tertulis memakai ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan terpercaya dalam wacana interaksional dan/atau monolog, terutama dalam wacana berbentuk naratif, explanation, discussion, commentary, dan review dengan pementingan pada arti interpersonal yang kompleks and arti tekstual yang variatif. (Tema diubahsuaikan dengan jenis teks yang sedang dibahas dan tingkat kemampuan linguistik siswa.)
Advertisement