Makalah Pendidikan Islam Di Indonesia - Islam yaitu agama dakwah, artinya agama yang selalu mendorong pemeluknya untuk senantiasa aktif melaksanakan acara dakwah. Kemajuan dan kehengkangan umat Islam sangat berkaitan erat dengan acara dakwah yang dilakukan oleh para masyarakat dalam menunjang pradaban hidup mereka lantaran itulah para
banyak masyarakat selalu mendapat problematika yang bermacam-macam yang tiba secara eksklusif maupun tidak eksklusif dari komunitas yang dijadikan sebagai target dakwah.
Keadaan ini akan menstimulasi terjadinya keterbukaan wawasan dan penguasaan keterampilan dasar yang mereka butuhkan. Pada tahap ini masyarakat hanya sanggup berpartisipasi pada tingkat yang rendah, yaitu sekedar menjadi pengikut/obyek pembangunan saja, belum menjadi subyek pembangunan masyarakat di dalam membentuk inisiatif, melahirkan banyak macam-banyak macam, dan melaksanakan inovasi-inovasi di dalam lingkungannya. Apabila masyarakat telahmencapai tahap ketiga ini maka masyarakat sanggup secara berdikari melaksanakan pembangunan.
Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia sangat pesat yang dimulai dari masuknya dari daerah Aceh dengan tujuan berbagi agama dakwah dengan menjual rempat-rempah.
A. Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Indonesia
Disini berbeda pendapat perihal permulaan Islam di Indonesia antara lain: Bahwa kedatangan Islam pertama di Indonesia tidak sama dengan berdirinya kerajaan Isalam pertama di Indonesia mengingat bahwa pembawa Islam ke Indonesia yaitu para pedagang, bukan missi tentara dan bukan pelarian politik. Mereka tidak ambisi eksklusif mendirikan kerajaan Islam. Lagi pula di Indonesia pada zaman itu sudah ada kerajaan-kerajaan Hindu, Budha yang banyak jumlahnya dan berkekuatan besar. Kaprikornus masa tenggang antara kedatangan orang Islam pertama di Indonesia dengan berdirinya kerajaan Islam pertama yaitu sangat lama.
Nah disini timbul pertanyaan dibenak kita. Orang Islam dimanakah yang pertama dating dan berdakwah Islam di Indonesia, dan pada masa berapa?
Ada beberapa teori untuk menjawaban pertanyaan tersebut, antara lain sebagai diberikut:
Adapun hasil seminar yang diselenggarakan di Medan pada tahun 1936 mengenai masuknya agama Islam di Indonesia menyimpulkan sebagai diberikut:
B. Periode Pada Zaman Belanda
Pada tahun 1905 pemerintah Belanda mengeluarkan satu peraturan yang mengharuskan para guru agama mempunyai izin khusus untuk mengajar. Banyak perilaku mereka yang sangat merugikan lajunya perkembangan pendidikan agama di Indonesia, contohnya
Atas dasar usaha dari organisasi Islam, melalui konggres Al-Islam pada tahun 1926 di Bogor, peraturan perihal penyelenggaraan pendidikan islam yang di buat oleh pihak Belanda pada tahun 1905 dihapuskan dan diganti dengan peraturan yang gres yang dikenal dan banyak dipakai dengan sebutan Ordonansi Guru. Menurut peraturan gres ini, izin Bupati tidak lagi diharapkan untuk menyelenggarakan pendidikan Islam. Guru agama cukup memdiberitahukan pada pejabat yang bersangkutan perihal maksud mengajar. Disamping itu, guru juga disuruh mengisi formulir yang telah disediakan oleh pejabat pemerintahan Belanda yang isinya berupa persoalan berupa anak didik dan kurikulum
Di sekolah-sekolah Umum secara resmi belum didiberikan pendidikan agama. Hanya di fakultas-fakultas hokum telah ada matakuliah Ismologi, yang dimaksudkan semoga mahasiswa sanggup mengetahui hokum-hukum dalam Islam. Sedangkan dosen-dosen yang memdiberikan matakuliah Ismologi tersebut pada umumnya bukan orang Islam dengan menggunakan buku-buku atau literature yang dikarang oleh para orentalis.
C. Periode Pada Zaman Jepang
Keadaan agak berubah, lantaran ada kemajuan dalam pengaplikasian pendidikan agama di sekolah-sekolah Umum. Hal ini disebabkan lantaran mereka mengetahui bahwa sebagian besar bangsa Indonesia yaitu pemeluk agama Islam, maka untuk menarik simpati dari pemeluk agama Islam maka Jepang menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan agama Islam.
Terludang keringh lagi pada awalnya, pemerintah Jepang menampakan diri seolah-olah membela kepentingan Islam yang merupakan siasat untuk kepentingan perang Dunia II. Masalahnya Jepang tidak begitu menghiraukan kepentingan agama. Untuk mendekati umat Islam Jepang menempuh beberapa kudang keringjakan diantaranya pada jaman Jepang dibentuknya KUA, didirikanya Masyumi dan pembentukan Hisbullah.
Pada masa pendudukan Jepang, ada satu hal istimewa dalam dunia pendidikan, yaitu sekolah-sekolah telah di selenggarakan dan dinegerikan meskipun sekolah-sekolah suasta lain menyerupai Muhammadiyah, Taman Siswa dan lain-lain diiziankan terus berkembang dengan pengaturan dan diselenggarakan oleh penduduk Jepang.
Di Sumatra, organisasi-organisasi Islam menggabungkan diri dalam majelis Islam tinggi. Kemudian majelis tersebut mengajukan undangan kepada pemerintah Jepang, semoga di sekolah-kolah pemerintah didiberikan pendidikan agama semenjak sekolah rakyat tiga tahun dan ternyata undangan tersebut disetujui dengan syarat tidak didiberikan anggaran biaya untuk guru-guru agama.
Mulai dikala itu maka pendidikan agama secara resmi boleh didiberikan di sekolah-kolah pemerintah, namun hal ini hanya berlaku di pulau Sumatra saja. Sedangkan di daerah-daerah lain masih belum ada pendidikan agama di sekolah-sekolah pemerintah, yang ada hanya pendidikan budi pekerti yang didasarkan atau bersumber pada agama juga.
D. Pendidikan Islam Pada Masa Orde Baru
Kalau dirujuk kebelakang, memang semenjak tahun 1966 terjadi perubahan besar pada bangsa Indonesia baik itu menyangkut kehidupan sosial agama maupun politik. Pada Orde Baru tekad yang di embank yaitu kembali pada Undang-Undang Dasar 1945 dan melaksanakannya secara murni dan konsekwen sehingga pendidikan agama memperoleh tempat yang berpengaruh dalam struktur pemerintahan.
Pada masa Orde Baru pendidikan Islam dikembangkan masih dalam batas pemahaman dan pengembangan pengetahuan saja, gres sesudah masuk pada masa 21 maka pendidikan Islam ludang keringh dikonsentrasikan pada penerapan atau aktualisasi dari ilmu pengetahuan dan selalu didasrkan oleh keimanan dan ketakwaan. Hal ini sesuai dengan beberapa seni administrasi yang diterapkan di sekolah-sekolah guna peningkatan kualitas penerima didiknya baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai landasan menuju pembaharuan masyarakat islam yang maju.
Pada masa itu juga banyak jalan-jalan yang ditempuh untuk menyetarakan antara pendidikan agama dan pendidikan Umum. Hal ini bias dilihat dari surat keputusan bersama (SKB) 2 mentri perihal sekolah Umum dan Agama. Dengan adanya SKB tersebut, maka belum dewasa yang sekolah agama bias melanjutkan kesekolah yang ludang keringh tinggi. Kemudian untuk mengikis dualisme pendidikan bias dilakukan dengan cara pengintegrasian antara pelajaran umum dan agama, walaupun dualisme itu masalah klasik yang tidak praktis untuk dihapus.
Tehknik pengaplikasian pendidikan agama di sekolah-kolah umum mengalami perubahan-perubahan tertentu sehubungan dengan perkembangan cabang ilmu pengetahuan dan perubahan system proses berguru mengajar. Pendidikan Islam dengan pendidikan nasional semakin Nampak dalam rumusan pendidikan nasional yaitu pendidikan nasional ialah usaha sadar untuk membangun insan Indonesia seutuhnya, yaitu insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, evaluasi budaya, pengetahuan, keterampilan, daya estetik, dan jasmaniany sehingga dia sanggup mengembangkan dirinya dan bantu-membantu dengan sesame insan membangun masyarakatnya serta membudidayakan alam sekitar.
E. Tokoh-tokoh Pendidikan Islam Di Indonesia
Adapun tokoh-tokoh pendidikan Islam di Indonesia antara lain:
1) Kyai Haji Ahmad Dahlan (1869-1923)
K.H Ahmad Dahlan dilahirkan di Yogyakarta pada tahun 1869 M dengan nama kecilnya Muhammad Darwis, putra dari K.H Abu Bakar Bin Kyai Sulaiman, khatib di Masjid besar (Jami’) kesultanan Yogyakarta. Ibunya yaitu putri Haji Ibrahim, seorang penghulu Setelah ia menamatkan pendidikan dasarnya di suatu Madrasah dalam bidang Nahwu, Fiqih dan Tafsir di Yogyakarta ia pergi ke Makkah pada tahun 1890 dan ia menuntut ilmu disana selama satu tahun. Salah seorang gurunya Syekh Ahmad Khatib. Sekitar tahun 1903 ia mengunjungi kembali ke Makkah dan kemudian menetap di sana selama dua tahun
Beliau yaitu seorang yang alim luas ilmu pengetahuanya dan tiada jemu-jemunya ia menambah ilmu dan pengalamanya. Dimana saja ada kesempatan sambil menambah atau mencocokan ilmu yang telah diperolehnya. Observation forum pernah ia datangi untuk mencocokan perihal ilmu hisab. Beliau ada kepakaran dalam ilmu itu. Perantauanya kelauar pulau jawa pernah hingga ke Medan. Pondok pesantren yang besar-besar di Jawa pada waktu itu banyak dikunjungi.
Cita-cita K.H Ahmad Dahlan sebagai seorang ulama yaitu tegas, ia hendak memperbaiki masyarakat Indonesia berlandaskan impian agama Islam. Usaha-usahanya ditujukan hidup beragama, keyakinan ia ialah bahwa untuk membangun masyarakat bangsa harus terludang keringh lampau dibangun semangat bangsa. K.H Ahmad Dahlan pulang ke Rahmatullah pada Tahun 1923 M Tanggal 23 Pebruari dalam usia 55 Tahun dengan meninggalkan sebuah organisasi Islam yang cukup besar dan di segani lantaran ketegaranya.
2) K.H Hasim Asy’ari (1971-1947)
K.H Hasim Asy’ari dilahirkan pada tanggal 14 Februari tahun 1981 M di Jombang Jawa Timur mula-mula ia berguru agama Islam pada ayahnya sendiri K.H Asy’ari kemudian ia berguru di pondok pesantren di Purbolinggo, kemudian pindah lagi ke Plangitan Semarang Madura dan lain-lain.
Sewaktu ia berguru di Siwalayan Panji (Sidoarjo) pada tahun 1891, K.H Ya’kub yang mengajarnya tertarik pada tingkahlakunya yang baik dan sopan santunya yang harus, sehingga ingin mengambilnya sebagai menantu, dan akhirnyabeliau dinikahkan dengan putri kiyainya itu yang berjulukan Khadijah (Tahun 1892). Tidak usang kemudian ia pergi ke Makkah bersama istrinya untuk menunaikan ibadah haji dan bermukim selama setahun, sedang istrinya meninggal di sana.
Pada kunjunganya yang kedua ke Makkah ia bermukim selama delapan tahun untuk menuntut ilmu agama Islam dan bahasa Arab. Sepulang dari Makkah ia membuka pesantren Tebuiring di Jombang (pada tanggal 26 Rabiul’awal tahun 1899 M)
Jasa K.H Hasim Asya’ari selain dari pada mengembangkan ilmu di pesantren Tebuireng ialah keikutsertaanya mendirikan organisasi Nahdatul Ulama, bahkan ia sebagai Syekul Akbar dalam serikat ulama terbesar di Indonesia.
Sebagai ulama ia hidup dengan tidak mengharapkan sedekah dan belas kasihan orang. Tetapi beliu mempunyai sandaran hidup sendiri yaitu beberapa bidang sawah, hasil peninggalanya. Beliau seorang salih sungguh diberibadah, taat dan rendah hati. Beliau tidak ingin pangkat dan jabatan, baik di zaman Belanda atau di zaman Jepang kerap kali ia dediberi pangkat dan jabatan, tetapi ia menolaknya dengan bijaksana.
Banyak alumni Tebuiring yang bertebarang di seluruh Indonesia, menjadi Kyai dan guru-guru agama yang masyhur dan ada diantra mereka yang memegang peranan penting dalam pemerintahan Republik Indonesia, menyerupai mentri agama dan lain-lain (K.H A. Wahid Hasyim, dan K.H Ilyas).
K.H Asy’ari wafat kerahmatullah pada tanggal 25 Juli 1947 M dengan meninggalkan sebuah peninggalan yang monumental berupa pondok pesantren Tebuiring yang tertua dan terbesar untuk daerah jawa timur dan yang telah mengilhami para alumninya untuk mengembangkanya di daerah-daerah lain walaupun dengan menggunakan nama lain bagi pesantren-pesantren yang mereka dirikan.
3) K.H Abdul Halim (1887-1962)
K.H Abdul Halim lahir di Ciberelang Majalengka pada tahun 1887. ia adlah penggagas gerakan pembeharuan di daerah Majalengka Jawa Barat yang kemudian berkembang menjadi Perserikatan Ulama, dimulai pada tahun 1911. yang kemudian menjelma Persatuan Umat Islam (PUI) pada tanggal 5 April 1952 M. Kedua orang tuanya berasal dari keluarga yang taat beragama (ayahnya yaitu seorang penghulu di Jatiwangi), sedangkan famili-familinya tetap mempunyai kekerabatan yang erat secara keluarga dengan orang-orang dari kalangan pemerintah.
K.H Abdul Halim memperoleh pelajaran agama pada masa kanak-kanak dengan belajra diberbagai pesantren di daerah Majalengka hingga pada umur 22 Tahun. Kadab ia pergi ke Makkah untuk naik haji dan untuk melanjutkan pelajaranya.
Pada umumnya K.H Abdul Halim berusaha untuk berbagi pemikiranya dengan toleransi dan penuh pengertian. Dikemukakan bahwa ia tidak pernah mengecam golongan tradisi ataupun organisasi lain yang tidak sepaham dengan beliau, tablignya ludang keringh banyak merupakan anjuran untuk menegakan moral di dalam masyarakat dan bukan merupak kritik perihal pemikiran ataupun pendapat orang lain.
Pada tanggal 7 Mei 1962 K.H Abdul Halim pulang kerahmatullah di Majalengka Nawa Barat dalam usia 75 Tahun dan dalam keadaan tetap teguh berpegang pada majhab Safi’i.
Berdasarkan uraian pembahasan di penggalan II di atas maka penulis sanggup menyimpulan bahwa perkembangan Islam di Indonesia sangat pesat yang menyerupai berbeda pendapat perihal permulaan Islam di Indonesia antara lain: Bahwa kedatangan Islam pertama di Indonesia tidak sama dengan berdirinya kerajaan Isalam pertama di Indonesia mengingat bahwa pembawa Islam ke Indonesia yaitu para pedagang, bukan missi tentara dan bukan pelarian politik. Mereka tidak ambisi eksklusif mendirikan kerajaan Islam.
Pada tahun 1905 pemerintah Belanda mengeluarkan satu peraturan yang mengharuskan para guru agama mempunyai izin khusus untuk mengajar. Banyak perilaku mereka yang sangat merugikan lajunya perkembangan pendidikan agama di Indonesia, contohnya
Para guru harus menciptakan daftar anak didik dalam bentuk tertentu dan mengirimkanya secara periodic kepada daerah yang bersangkutan.
Djumhur, Sejarah Pendidikan, Bandung : Ilmu, 1969
Fadhlil al-Djamali, Menerobos Krisis Pendidikan Islam, Jakarta : Golden Press, 1992
Malik, Fadjar, H.A. Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, Jakarat : Alfa Grafitama, 1998
Moelim, Abdurrahman, Islam Transformatif, Jakarta : Pustaka Firdaus, 1997
Mahmud Yunus, Prof Dr. H. Sejarah Pendidikan Islam¸ Jakarta : Mutiara Sumber Widya
Zuhairini, Dra, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2000
banyak masyarakat selalu mendapat problematika yang bermacam-macam yang tiba secara eksklusif maupun tidak eksklusif dari komunitas yang dijadikan sebagai target dakwah.
Keadaan ini akan menstimulasi terjadinya keterbukaan wawasan dan penguasaan keterampilan dasar yang mereka butuhkan. Pada tahap ini masyarakat hanya sanggup berpartisipasi pada tingkat yang rendah, yaitu sekedar menjadi pengikut/obyek pembangunan saja, belum menjadi subyek pembangunan masyarakat di dalam membentuk inisiatif, melahirkan banyak macam-banyak macam, dan melaksanakan inovasi-inovasi di dalam lingkungannya. Apabila masyarakat telahmencapai tahap ketiga ini maka masyarakat sanggup secara berdikari melaksanakan pembangunan.
Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia sangat pesat yang dimulai dari masuknya dari daerah Aceh dengan tujuan berbagi agama dakwah dengan menjual rempat-rempah.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Indonesia
Disini berbeda pendapat perihal permulaan Islam di Indonesia antara lain: Bahwa kedatangan Islam pertama di Indonesia tidak sama dengan berdirinya kerajaan Isalam pertama di Indonesia mengingat bahwa pembawa Islam ke Indonesia yaitu para pedagang, bukan missi tentara dan bukan pelarian politik. Mereka tidak ambisi eksklusif mendirikan kerajaan Islam. Lagi pula di Indonesia pada zaman itu sudah ada kerajaan-kerajaan Hindu, Budha yang banyak jumlahnya dan berkekuatan besar. Kaprikornus masa tenggang antara kedatangan orang Islam pertama di Indonesia dengan berdirinya kerajaan Islam pertama yaitu sangat lama.
Nah disini timbul pertanyaan dibenak kita. Orang Islam dimanakah yang pertama dating dan berdakwah Islam di Indonesia, dan pada masa berapa?
Ada beberapa teori untuk menjawaban pertanyaan tersebut, antara lain sebagai diberikut:
- yang dating pertama kaili ialah myballig dari Persi (Iran) pada pertengahan masa 12 Masehi. Alasanya lantaran kerajaan Islam pertama di Indonesia berjulukan Pase (Pasai) berasal dari Persi. Ditambah dengan kenyataan bahwa orang Islam Indonesia sangat hormat dengan keturunan Sayid atau Habib yaitu keturunan Hasan dan Husen putra Ali Bin Abi Tholib.
- Yang dating pertama kali ialah Muballig dari India barat tanah Gujarat. Alasanya lantaran ada persamaan bentuk nisan dan gelar nama dari Muballig yang oleh Belanda dianggap sebagai kuburan orang-orang Islam yang pertama di Indonesia.
Adapun hasil seminar yang diselenggarakan di Medan pada tahun 1936 mengenai masuknya agama Islam di Indonesia menyimpulkan sebagai diberikut:
- Menurut sumebr bukti yang terbaru, Islam pertama kali dating di Indonesia pada masa ke VII M/1 H di bawa oleh pedagang dan muballig dari negeri Arab.
- Daerah yang pertama di masuki ialah pantai barat pulau Sumatra yaitu di daerah Baros, tempat kelahiran ulama besar berjulukan Hamzah Fansyuri. Adapun kerajaan Islam yang pertama ialah di Pase.
- Dalam proses pengislaman selanjutnya orang-orang Islam bangsa Indonesia ikut aktif mengambil penggalan yang berperan, dan proses itu berjalan secara damai.
- Kedatangan islam di Indonesia ikut mencerdaskan rakyat dan membina aksara bangsa. Karakter tersebut sanggup di buktikan pada perlawanan rakyat melawan penjajahan bangsa abnormal dan daya tahannya mempertahankan aksara tesebut selama dalam zaman penjajahan barat dalam waktu 350 Tahun.
B. Periode Pada Zaman Belanda
Pada tahun 1905 pemerintah Belanda mengeluarkan satu peraturan yang mengharuskan para guru agama mempunyai izin khusus untuk mengajar. Banyak perilaku mereka yang sangat merugikan lajunya perkembangan pendidikan agama di Indonesia, contohnya
- Setiap sekolah atau Madrasah harus mempunyai izin dari bupati/pejabat pemerintahan belanda
- Harus ada klarifikasi dari sifat pendidikan yang sedang dijalankan secara terperinci
- Para guru harus menciptakan daftar anak didik dalam bentuk tertentu dan mengirimkanya secara periodic kepada daerah yang bersangkutan.
Atas dasar usaha dari organisasi Islam, melalui konggres Al-Islam pada tahun 1926 di Bogor, peraturan perihal penyelenggaraan pendidikan islam yang di buat oleh pihak Belanda pada tahun 1905 dihapuskan dan diganti dengan peraturan yang gres yang dikenal dan banyak dipakai dengan sebutan Ordonansi Guru. Menurut peraturan gres ini, izin Bupati tidak lagi diharapkan untuk menyelenggarakan pendidikan Islam. Guru agama cukup memdiberitahukan pada pejabat yang bersangkutan perihal maksud mengajar. Disamping itu, guru juga disuruh mengisi formulir yang telah disediakan oleh pejabat pemerintahan Belanda yang isinya berupa persoalan berupa anak didik dan kurikulum
Di sekolah-sekolah Umum secara resmi belum didiberikan pendidikan agama. Hanya di fakultas-fakultas hokum telah ada matakuliah Ismologi, yang dimaksudkan semoga mahasiswa sanggup mengetahui hokum-hukum dalam Islam. Sedangkan dosen-dosen yang memdiberikan matakuliah Ismologi tersebut pada umumnya bukan orang Islam dengan menggunakan buku-buku atau literature yang dikarang oleh para orentalis.
C. Periode Pada Zaman Jepang
Keadaan agak berubah, lantaran ada kemajuan dalam pengaplikasian pendidikan agama di sekolah-sekolah Umum. Hal ini disebabkan lantaran mereka mengetahui bahwa sebagian besar bangsa Indonesia yaitu pemeluk agama Islam, maka untuk menarik simpati dari pemeluk agama Islam maka Jepang menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan agama Islam.
Terludang keringh lagi pada awalnya, pemerintah Jepang menampakan diri seolah-olah membela kepentingan Islam yang merupakan siasat untuk kepentingan perang Dunia II. Masalahnya Jepang tidak begitu menghiraukan kepentingan agama. Untuk mendekati umat Islam Jepang menempuh beberapa kudang keringjakan diantaranya pada jaman Jepang dibentuknya KUA, didirikanya Masyumi dan pembentukan Hisbullah.
Pada masa pendudukan Jepang, ada satu hal istimewa dalam dunia pendidikan, yaitu sekolah-sekolah telah di selenggarakan dan dinegerikan meskipun sekolah-sekolah suasta lain menyerupai Muhammadiyah, Taman Siswa dan lain-lain diiziankan terus berkembang dengan pengaturan dan diselenggarakan oleh penduduk Jepang.
Di Sumatra, organisasi-organisasi Islam menggabungkan diri dalam majelis Islam tinggi. Kemudian majelis tersebut mengajukan undangan kepada pemerintah Jepang, semoga di sekolah-kolah pemerintah didiberikan pendidikan agama semenjak sekolah rakyat tiga tahun dan ternyata undangan tersebut disetujui dengan syarat tidak didiberikan anggaran biaya untuk guru-guru agama.
Mulai dikala itu maka pendidikan agama secara resmi boleh didiberikan di sekolah-kolah pemerintah, namun hal ini hanya berlaku di pulau Sumatra saja. Sedangkan di daerah-daerah lain masih belum ada pendidikan agama di sekolah-sekolah pemerintah, yang ada hanya pendidikan budi pekerti yang didasarkan atau bersumber pada agama juga.
D. Pendidikan Islam Pada Masa Orde Baru
Kalau dirujuk kebelakang, memang semenjak tahun 1966 terjadi perubahan besar pada bangsa Indonesia baik itu menyangkut kehidupan sosial agama maupun politik. Pada Orde Baru tekad yang di embank yaitu kembali pada Undang-Undang Dasar 1945 dan melaksanakannya secara murni dan konsekwen sehingga pendidikan agama memperoleh tempat yang berpengaruh dalam struktur pemerintahan.
Pada masa Orde Baru pendidikan Islam dikembangkan masih dalam batas pemahaman dan pengembangan pengetahuan saja, gres sesudah masuk pada masa 21 maka pendidikan Islam ludang keringh dikonsentrasikan pada penerapan atau aktualisasi dari ilmu pengetahuan dan selalu didasrkan oleh keimanan dan ketakwaan. Hal ini sesuai dengan beberapa seni administrasi yang diterapkan di sekolah-sekolah guna peningkatan kualitas penerima didiknya baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai landasan menuju pembaharuan masyarakat islam yang maju.
Pada masa itu juga banyak jalan-jalan yang ditempuh untuk menyetarakan antara pendidikan agama dan pendidikan Umum. Hal ini bias dilihat dari surat keputusan bersama (SKB) 2 mentri perihal sekolah Umum dan Agama. Dengan adanya SKB tersebut, maka belum dewasa yang sekolah agama bias melanjutkan kesekolah yang ludang keringh tinggi. Kemudian untuk mengikis dualisme pendidikan bias dilakukan dengan cara pengintegrasian antara pelajaran umum dan agama, walaupun dualisme itu masalah klasik yang tidak praktis untuk dihapus.
Tehknik pengaplikasian pendidikan agama di sekolah-kolah umum mengalami perubahan-perubahan tertentu sehubungan dengan perkembangan cabang ilmu pengetahuan dan perubahan system proses berguru mengajar. Pendidikan Islam dengan pendidikan nasional semakin Nampak dalam rumusan pendidikan nasional yaitu pendidikan nasional ialah usaha sadar untuk membangun insan Indonesia seutuhnya, yaitu insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, evaluasi budaya, pengetahuan, keterampilan, daya estetik, dan jasmaniany sehingga dia sanggup mengembangkan dirinya dan bantu-membantu dengan sesame insan membangun masyarakatnya serta membudidayakan alam sekitar.
E. Tokoh-tokoh Pendidikan Islam Di Indonesia
Adapun tokoh-tokoh pendidikan Islam di Indonesia antara lain:
1) Kyai Haji Ahmad Dahlan (1869-1923)
K.H Ahmad Dahlan dilahirkan di Yogyakarta pada tahun 1869 M dengan nama kecilnya Muhammad Darwis, putra dari K.H Abu Bakar Bin Kyai Sulaiman, khatib di Masjid besar (Jami’) kesultanan Yogyakarta. Ibunya yaitu putri Haji Ibrahim, seorang penghulu Setelah ia menamatkan pendidikan dasarnya di suatu Madrasah dalam bidang Nahwu, Fiqih dan Tafsir di Yogyakarta ia pergi ke Makkah pada tahun 1890 dan ia menuntut ilmu disana selama satu tahun. Salah seorang gurunya Syekh Ahmad Khatib. Sekitar tahun 1903 ia mengunjungi kembali ke Makkah dan kemudian menetap di sana selama dua tahun
Beliau yaitu seorang yang alim luas ilmu pengetahuanya dan tiada jemu-jemunya ia menambah ilmu dan pengalamanya. Dimana saja ada kesempatan sambil menambah atau mencocokan ilmu yang telah diperolehnya. Observation forum pernah ia datangi untuk mencocokan perihal ilmu hisab. Beliau ada kepakaran dalam ilmu itu. Perantauanya kelauar pulau jawa pernah hingga ke Medan. Pondok pesantren yang besar-besar di Jawa pada waktu itu banyak dikunjungi.
Cita-cita K.H Ahmad Dahlan sebagai seorang ulama yaitu tegas, ia hendak memperbaiki masyarakat Indonesia berlandaskan impian agama Islam. Usaha-usahanya ditujukan hidup beragama, keyakinan ia ialah bahwa untuk membangun masyarakat bangsa harus terludang keringh lampau dibangun semangat bangsa. K.H Ahmad Dahlan pulang ke Rahmatullah pada Tahun 1923 M Tanggal 23 Pebruari dalam usia 55 Tahun dengan meninggalkan sebuah organisasi Islam yang cukup besar dan di segani lantaran ketegaranya.
2) K.H Hasim Asy’ari (1971-1947)
K.H Hasim Asy’ari dilahirkan pada tanggal 14 Februari tahun 1981 M di Jombang Jawa Timur mula-mula ia berguru agama Islam pada ayahnya sendiri K.H Asy’ari kemudian ia berguru di pondok pesantren di Purbolinggo, kemudian pindah lagi ke Plangitan Semarang Madura dan lain-lain.
Sewaktu ia berguru di Siwalayan Panji (Sidoarjo) pada tahun 1891, K.H Ya’kub yang mengajarnya tertarik pada tingkahlakunya yang baik dan sopan santunya yang harus, sehingga ingin mengambilnya sebagai menantu, dan akhirnyabeliau dinikahkan dengan putri kiyainya itu yang berjulukan Khadijah (Tahun 1892). Tidak usang kemudian ia pergi ke Makkah bersama istrinya untuk menunaikan ibadah haji dan bermukim selama setahun, sedang istrinya meninggal di sana.
Pada kunjunganya yang kedua ke Makkah ia bermukim selama delapan tahun untuk menuntut ilmu agama Islam dan bahasa Arab. Sepulang dari Makkah ia membuka pesantren Tebuiring di Jombang (pada tanggal 26 Rabiul’awal tahun 1899 M)
Jasa K.H Hasim Asya’ari selain dari pada mengembangkan ilmu di pesantren Tebuireng ialah keikutsertaanya mendirikan organisasi Nahdatul Ulama, bahkan ia sebagai Syekul Akbar dalam serikat ulama terbesar di Indonesia.
Sebagai ulama ia hidup dengan tidak mengharapkan sedekah dan belas kasihan orang. Tetapi beliu mempunyai sandaran hidup sendiri yaitu beberapa bidang sawah, hasil peninggalanya. Beliau seorang salih sungguh diberibadah, taat dan rendah hati. Beliau tidak ingin pangkat dan jabatan, baik di zaman Belanda atau di zaman Jepang kerap kali ia dediberi pangkat dan jabatan, tetapi ia menolaknya dengan bijaksana.
Banyak alumni Tebuiring yang bertebarang di seluruh Indonesia, menjadi Kyai dan guru-guru agama yang masyhur dan ada diantra mereka yang memegang peranan penting dalam pemerintahan Republik Indonesia, menyerupai mentri agama dan lain-lain (K.H A. Wahid Hasyim, dan K.H Ilyas).
K.H Asy’ari wafat kerahmatullah pada tanggal 25 Juli 1947 M dengan meninggalkan sebuah peninggalan yang monumental berupa pondok pesantren Tebuiring yang tertua dan terbesar untuk daerah jawa timur dan yang telah mengilhami para alumninya untuk mengembangkanya di daerah-daerah lain walaupun dengan menggunakan nama lain bagi pesantren-pesantren yang mereka dirikan.
3) K.H Abdul Halim (1887-1962)
K.H Abdul Halim lahir di Ciberelang Majalengka pada tahun 1887. ia adlah penggagas gerakan pembeharuan di daerah Majalengka Jawa Barat yang kemudian berkembang menjadi Perserikatan Ulama, dimulai pada tahun 1911. yang kemudian menjelma Persatuan Umat Islam (PUI) pada tanggal 5 April 1952 M. Kedua orang tuanya berasal dari keluarga yang taat beragama (ayahnya yaitu seorang penghulu di Jatiwangi), sedangkan famili-familinya tetap mempunyai kekerabatan yang erat secara keluarga dengan orang-orang dari kalangan pemerintah.
K.H Abdul Halim memperoleh pelajaran agama pada masa kanak-kanak dengan belajra diberbagai pesantren di daerah Majalengka hingga pada umur 22 Tahun. Kadab ia pergi ke Makkah untuk naik haji dan untuk melanjutkan pelajaranya.
Pada umumnya K.H Abdul Halim berusaha untuk berbagi pemikiranya dengan toleransi dan penuh pengertian. Dikemukakan bahwa ia tidak pernah mengecam golongan tradisi ataupun organisasi lain yang tidak sepaham dengan beliau, tablignya ludang keringh banyak merupakan anjuran untuk menegakan moral di dalam masyarakat dan bukan merupak kritik perihal pemikiran ataupun pendapat orang lain.
Pada tanggal 7 Mei 1962 K.H Abdul Halim pulang kerahmatullah di Majalengka Nawa Barat dalam usia 75 Tahun dan dalam keadaan tetap teguh berpegang pada majhab Safi’i.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
Berdasarkan uraian pembahasan di penggalan II di atas maka penulis sanggup menyimpulan bahwa perkembangan Islam di Indonesia sangat pesat yang menyerupai berbeda pendapat perihal permulaan Islam di Indonesia antara lain: Bahwa kedatangan Islam pertama di Indonesia tidak sama dengan berdirinya kerajaan Isalam pertama di Indonesia mengingat bahwa pembawa Islam ke Indonesia yaitu para pedagang, bukan missi tentara dan bukan pelarian politik. Mereka tidak ambisi eksklusif mendirikan kerajaan Islam.
Pada tahun 1905 pemerintah Belanda mengeluarkan satu peraturan yang mengharuskan para guru agama mempunyai izin khusus untuk mengajar. Banyak perilaku mereka yang sangat merugikan lajunya perkembangan pendidikan agama di Indonesia, contohnya
- Setiap sekolah atau Madrasah harus mempunyai izin dari bupati/pejabat pemerintahan belanda
- Harus ada klarifikasi dari sifat pendidikan yang sedang dijalankan secara terperinci
Para guru harus menciptakan daftar anak didik dalam bentuk tertentu dan mengirimkanya secara periodic kepada daerah yang bersangkutan.
DAFTAR PUSTAKA
Djumhur, Sejarah Pendidikan, Bandung : Ilmu, 1969
Fadhlil al-Djamali, Menerobos Krisis Pendidikan Islam, Jakarta : Golden Press, 1992
Malik, Fadjar, H.A. Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, Jakarat : Alfa Grafitama, 1998
Moelim, Abdurrahman, Islam Transformatif, Jakarta : Pustaka Firdaus, 1997
Mahmud Yunus, Prof Dr. H. Sejarah Pendidikan Islam¸ Jakarta : Mutiara Sumber Widya
Zuhairini, Dra, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2000
Advertisement