-->

Info Populer 2022

Makalah Mengenal Marfologi Dan Anatomi Ikan, Udang Dan Cumi

Makalah Mengenal Marfologi Dan Anatomi Ikan, Udang Dan Cumi
Makalah Mengenal Marfologi Dan Anatomi Ikan, Udang Dan Cumi
Makalah Mengenal Marfologi dan Anatomi Ikan, Udang dan Cumi
Ikan, cumi dan udang termasuk hewan dan makhluk hidup vertebrata, hewan dan makhluk hidup vertebrata yaitu hewan dan makhluk hidup yang bertulang belakang atau punggung. Memiliki struktur tubuh yang jauh ludang kecepeh tepat dibandingkan dengan hewan dan makhluk hidup invertebrata. 

Hewan vertebrata mempunyai tali yang merupakan susunan tempat terkumpulnya sel-sel saraf dan mempunyai perpanjangan kumpulan saraf dari otak. Tali ini tidak mempunyai oleh yang tidak bertulang punggung. Dalam memuhi kebutuhannya, hewan dan makhluk hidup vertebrata telah mempunyai system kerja tepat peredaran darah berpusat organ jantung  dengan pembuluh-pembuluh menjadi salurannya.


Sedangkan cumi sering di sebut dengan bahasa Ilmiahnya yaitu logilo Pealii. Cephalopoda merupakan salah satu salah satu sumber protein bagi manusia. Hal ini terutama bagi bangsa Asia Timur dan Italia.

Tubuh cumi-cumi terbentuk gelendong atau sekoci, kalau berenang dalam air bab ventral terletak di bab anterior, sedang bab dorsal terletak sebelah posterior. Kulit cumi-cumi sanggup berubah warnanya secara cepat dimana kadang kala berwarna putih kudang keceperuan berbintik merah atau cokelat. Perubahan warna chromatophora akan sesuai dengan tempat dimana hewan dan makhluk hidup itu berada. Kakinya terdiri atas 10 jerait dimana 8 yaitu lengan, sedang 2 yaitu tentakel. 

Alat pencernaan pada cumi terdiri dari rongga lisan (cavun oris) dengan kelenjar ludah, lalu pharynx, oespohagus, lambung, caecum, intestinum, rectum, anus. Alat rekresi berupa nephridia yang berbentuk segitiga, berwarna putih terletak disebelah jantun branchialis.

Sedangkan pada class Crustacea (udang)  hewan dan makhluk hidup yang hidup ia air tawar, didanau atau di dalam kolam. Tubuh cambarus sebelah luar terdapat kutikula dimana kutikula disusn oleh pectin dan garam-garam mineral. Maka kalau udang direbus warna berubah alasannya yaitu sifat dari basa menjadi asam exo-skeloton tubuh dibagi atas dua bab : anterior yang disebut Cephalothorax, Posterior yang terdiri dari buku-buku yang disebut dengan abdomen. Chepalothorax terdiri dari 13 ruas yang menjadi satu. Bagian ini disebut dnegan Carapace. Disebelah dorsal dari carapace terdapat suatu lekukan yang melintang di mana membagi cephalothorax menjadi dua yakni  : bab depan disebut Cephal, bab belakang dibsetu Thorax. 


Alat dan bahan 

Alat :
  •  Satu set alat sexcio
  • Alat tulis menulis


Bahan :
  • 1 Ekor carpinus Carpio
  • 1 Ekor cumi-cumi
  • 1 Ekor udang 


D.    Cara Kerja

1.    Menggambar morfologi preparat pisces, amphibi dan reptil mencakup : gambar caput (kepala), truncus (badan), dan caudal (ujung) tidak ada yang kurang dengan keterangannya.

2.    Melakukan pembedahan (secio) dengan cara sebagai memberikankut :
  • Menggunting kulit arah longitudinal ke arah linea mediana cranial dari lubang kloaka hingga rahang bawah, lalu sisihkan ke lateral.
  • Memotong dinding perut arah median hingga caudal dari stemum costae. Serta memmemberikan keterangan pada gambar


 Hasil Pengamatan 


1.    Gambar Ikan



Deskripsi

Berdasarkan gambar hasil pengamatan di atas maka Ikan Carpinus carpio mempunyai tiga bab tubuh yaitu caput, truncus dan criudal, mempunyai gurat sisi yang berfungsi untuk mengisap kedalaman laut, memilki pinnsie abdominalis, pinnae pentoralis, pinna caudulis. 

Pina dorsales dan pina analis, ikan atau pisces menentukan Squama atau sisik. Sirip berfungsi untuk berenang dan alat untuk melawan predator. Terdapat juga bab anatomi pada ikan menyerupai : hepas, intestinum (usus), ventrivulum (lambung), jantung (cor) dan lusang (blansia) terdiri dari lembar blansir, artur bianchialis dan bill raker.


2.    Gambar Cumi-cumi (Loligo Pealii)






Deskripsi

    Bagian cumi-cumi terdiri ari tentakel yang berfungsi untuk mendeteksi lingkungan atau kawasan sekitar dan juga sebagai alat penerang. Jerait berfungsi untuk menangkap mangsa. Kantong tinta berfungsi untuk menyimpan tinta. Tubuh cumi-cumi juga mempunyai katilago atau tulang roswan juga sirip untuk berenang.



3.    Gambar Udang (Crustacea)




Deskripsi

    Terdiri dari antena yang berfungsi untuk mendeteksi atau penerang, dan mula dan akar antena yang berjulukan antekalea. Mempunyai 2 jenis kaki yaitu : kaki berjalan yang dipakai untuk berjalan dan kaki renang yang dipakai untuk berenang.



Pembahasan

Berdasarkan landasan teori dan hasil pengamatan di atas maka penulis sanggup memmemberikankan beberapa inti dari tiruana ini yakni hewan dan makhluk hidup vertebrata mempunyai tali yang susunan tempat terkumpulnya sel-sel saraf dan mempunyai perpanjangan kumpulan saraf dari otak. Dalam memuhi kebutuhannya, hewan dan makhluk hidup vertebrata telah mempunyai system kerja tepat peredaran darah berpusat organ jantung  dengan pembuluh-pembuluh menjadi salurannya. 

Sedangkan pada tubuh cumi-cumi terbentuk gelendong atau sekoci, kalau berenang dalam air bab ventral terletak di bab anterior, sedang bab dorsal terletak sebelah posterior. Kulit cumi-cumi sanggup berubah warnanya secara cepat dimana kadang kala berwarna putih kudang keceperuan berbintik merah atau cokelat.

Sedangkan pada  udang yakni hewan dan makhluk hidup yang hidup ia air tawar tersebut, atau di dalam kolam. Tubuh cambarus sebelah luar terdapat kutikula dimana kutikula disusn oleh pectin dan garam-garam mineral. Maka kalau udang direbus warna berubah alasannya yaitu sifat dari basa menjadi asam exo-skeloton tubuh dibagi atas dua bab : anterior yang disebut Cephalothorax, Posterior yang terdiri dari buku-buku yang disebut dengan abdomen

Advertisement

Iklan Sidebar