-->

Info Populer 2022

Aspek Aspek Perkembangan Anak

Aspek Aspek Perkembangan Anak
Aspek Aspek Perkembangan Anak
Perkembangan Anak. inilah yang menarik dari anak alasannya yakni anak berkebang tidak secara serentak,  dalam artian anak berkembang secara sedikit demi sedikit sesuai dengan usianya, anak memang unik, alasannya yakni segala tindakan atau apa yang dilakukan selalu menjadi perhatian tiruana orang.


adapun tahap-tahap perkembangan anak sesuai dengan usianya sebagai diberikut:



A. Perkembangan Motorik

Perkembangan motorik merupakan perkembangan unsur kematangan dan pengtangguhian gerak tubuh. Ada hubungan yang saling mensugesti antara kebugaran tubuh,keterampilan motorik,dan kontrol motorik.


Beberapa faktor yang mensugesti perkembangan motorik anak prasekolah yakni keturunan, masakan bergizi, masa pra lahir,pola asuh atau tugas ibu, kesehatan, perbedaan jenis kelamin, rangsangan dari lingkungan, dan pendidikan jasmani.




Karakkteristik Perkembangan Motorik umur  0 - 1 tahun
  • Bermain dengan tangan
  • Menahan barang yang di pegangnya
  • Mengangkat kakai dan memainkan jari tangan di depan mata
  • Mencoba merangkak
  • Berjalan kalau di pegang/berpegangan



Karakteristik Perkembangan Motorik Anak Umur 1-2 Tahun

  • Berjalan tanpa di bantu
  • Memegang krayon secara fungsional
  • Berlari dengan baik hanya sesekali jatuh
  • Bermain jongkok dengan seimbang tanpa di bantu tangan
  • Mendorong dan menarik benda yang cukup besar sambil berjalan


Karakteristik Perkembangan Motorik Anak Umur 2-3 Tahun

  • Menggunting secara fungsional tapi tidak lurus benar
  • Mulai memegang krayonatau pensil denga n jari telunjuk dan ibu jari
  • Mengayuh sepeda roda tiga
  • Memanjat banyak sekali benda dan rintangan


Karakteristik Perkembangan Motorik Anak Umur 3-4 Tahun
  • Mengaduk air dengan sendok
  • Melompat turun dari ketinggian 6-8 inci
  • Melempar bola dari jarak 2 meter
  • Mampu memutar/membelok menghindari rintanngan sambil berlari atau bersepeda roda tiga
  • Membuat suatu bangunan dengan berbai macam balok
  • Berdiri tanpa jatuh dengan satu kaki selama 4-5 detik

    B. Perkembangan Emosi

    Emosi merupakan suatu keadaan atau perasaan yang bergejolak pada diriseseorang yang disadari dan diungkapkan melalui wajah atau tindakan, yang berfungsi sebagai inner adjustment (penyesuaian dari dalam) terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan

    Karakteristik Perkembangan Emosi umur 0 - 1 tahun
    • Menunjukkan kenyamanan , minat dan kesenangan
    • Menanggapi orang lain selain pada orang tuanya
    • Mempunyai teladan tidur yang teratur
    • Mulai diberinisiatif untuk diberintraksi dengan orang dewasa
    • Menunjukkan emosi yang bermacam-macam sepanjang harinya, biasanya berkaitan dengan stimulasi dari lingkungan

    Karakteristik Perkembangan Emosi Umur 1-2 Tahun
    • Menggunakan banyak sekali emosinya sendiri untuk mendatangkan reaksi emosi tertentu dari orang dewasa
    • Mulai memberikan perjuangan berkomunikasi untuk memelihara rasa amannya
    • Tersenyum terhadap bayangannya sendiri di cermin
    • Menggunakan kata-kata atau bahasa badan yang kompleks untuk mengungkapkan impian untuk berdekatan psikologis
    • Mulai suka bermain akal-akalan sendian
    • Mulai secara terbuka memberikan gaya penuh amarah
    • Mengungkapkan emosi melalui mimik  wajah


    Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Umur 2-3 Tahun
    • Secara suka rela mau untuk tidur siang atau istirahat
    • Mulai memberikan kemampuan untuk mengendalikan diri
    • Mulai memakai kata-kata atau gerakan yang kompleks untuk mengungkapkan perasaan atau keinginan
    • Mengungkapkan emosi melalui bermain pura-pura
    • Berintraksi dengan orang dewasa  secara hangat dan positif tetapi tidak terlalu tergantung
    • Karakteristik Perkembangan Emosi Anak Umur 3-4 Tahun
    • Mampu mengungkapkan perasaan atau emosinya secara verbal
    • Mampu memulihkan amarah atau mengamuk manjadi kooperetif dan tertata
    • Cenderung mengungkapkan ketidak sukaan secara verbal dari pada dengan tindakan agresif
    • Tidak takut berpisah dengan orang tuanya
    • Mengenali banyak sekali perasaan atau emosi orang lain
    • Pada sebagian besar waktunya bisa memberikan temperamen yang stabil dan patut


    C. Perkembangan Sosial

    Perilaku sosial merupakan acara dalam bekerjasama dengan orang lain, baik dengan sobat sebaya, orang renta maupun saudara-saudaranya. Sejak kecil anak telah berguru cara berperilaku sosial sesuai dengan asa orang-orang yang paling bersahabat dengannya, yaitu dengan ibu, ayah, saudara, dan anggota keluarga yang lain.


    Apa yang telah dipelajari anak dari lingkungan keluarga turut mensugesti pembentukan sikap sosialnya.

    Ada empat faktor yang besar lengan berkuasa pada kemampuan anak berpengenalan, yaitu :
    • Adanya kesempatan untuk berteman dengan orang-orang di sekitarnya dari banyak sekali usia dan latar belakang.
    • Adanya minat dan motivasi untuk berteman
    • Adanya bimbingan dan pengajaran dari biasanya menjadi “model” bagi anak.. 
    • Adanya kemampuan berkomunikasi yang baik yang dimiliki anak.
    •  

    Karakteristik Perkembangan Sosial Anak Umur 0-1 Tahun
    • Mulai merespon dengan senyum
    • Memperhatikan wajah dan/atau bunyi orang dewasa
    • Secara visual menentukan seseorang dari pada benda membisu dikala melihat wajah atau mendengar bunyi seseorang
    • Mulai menyesuaikan tasumsinya pada orang lain
    • Tersenyum dengan selektif, punya senyuman khusus untuk orang renta atau orang yang di kenalnya


    Karakteristik Perkembangan Sosial Anak Umur 1-2 Tahun
    • Berpartisipasi dalam permainan, contohnya mendorong kendaraan beroda empat atau menggrlindingkan bola bersama orang dewasa
    • Bermain dengan ludang keringh terkonsentrasi dan terorganisir
    • Mulai sanggup mendapatkan hukum dari orang dewasa
    • Meminta perhatian  orang dewasa, menarik-narik orang pintar balig cukup akal untuk memberikan sesuatu
    • Memdiberi salam pada orang pintar balig cukup akal atau anak yang dikenalnya kadab di ingatkan

    Karaktristik Perkembangan Sosial Anak Umur 2-3 Tahun
    • Mulai mengerti bagaimana sikap bekerjasama konsekuensi
    • Berbagi benda-bend dengan anak lain kadab di minta
    • Membuat salah satu pilihan yang di tawarkan
    • Berpartisipasi dalam kegiiatan tertentu pada sebagian besar waktunya


    Karakkteristik Perkembangan Sosial Anak Umur 3-4 Tahun
    • Suka bersajak , memainkan jari, menyanyi lagu sederhana bersama teman-temannya
    • Berusaha membantu kegiatan membersihkan-membersihkan
    • Bermain permainan dalam kelompok kecil
    • Suka dengan cerita  pendek

    Karakteristik Perkembangan Sosial Anak Umur 4-5 Tahun
    • Dapat bermain sedikitnya satu permainan di atas meja dengan pengawasan orang dewasa
    • Dapat menunggu giliran dalam bermain tanpa pengawasan
    • Dapat mempertunjukkan suruhan sederhan
    • Tidak mengganggu sobat dengan sengaja
    • Dapat menentukan kegiatan sendiri


    Karaktertistik Perkembangan Sosial Anak Umur 5-6 Tahun
    • Dapat bermain 2 atau 3 permainan di atas meja
    • Dapat bermain bersama dengan 2 atau 3 anak sedikitnya selama 20menit
    • Senang menuntaskan pekerjaan yang dipilihkan dengan giat
    • Ingin mengerjakan sesutu sendiri
    • Dapat bermain akal-akalan wacana profesi tertentu


    D. Perkembangan Bahasa

    Bahasa yakni bentuk hukum atau sIstem lambang yang dipakai anak dalam berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang dilakukan untuk bertukar gagasan, pikiran dan emosi. Bahasa sanggup diekspresikan melalui bicara mengacu pada simbol verbal. 

    Selain itu bahasa sanggup juga diekspresikan melalui tulisan, tanda gestural dan musik. Bahasa juga sanggup meliputi aspek komunikasi nonverbal ibarat gestikulasi, gestural atau pantomim. Gestikulasi yakni ekspresi gerakan tangan dan lengan untuk menekankan arti wicara. Pantomim yakni sebuah cara komunikasi yang mengubah komunikasi verbal dengan aksi yang meliputi beberapa gestural (ekspresi gerakan yang memakai setiap bab tubuh) dengan arti yang berbeda beda.

    Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Umur 0 - 1 Tahun
    1. Ludang keringh banyak bersuara dari pada nangis
    2. Mulai mengucapkan hurup-hurup idup dikala menengis
    3. Menirukan bunyi dikala di timang dengan mendekut
    4. Bersuara atau berteriak tidak senang sebagai cara lain dari pada menangis

    Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Umur 1-2 Tahun
    1. Menirukan bunyi celotehan atau kata-kata yang di kenalnya
    2. Menyampaikan keinginan/kebutuhan dengan bersuara
    3. Mempuntai 20 kosa kata funsional memakai kata depan
    4. Menggunakan 2 kombinasi kata untuk membentuk kalimat

    Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Umur 2-3 Tahun
    1. Menggunakan kata-kata jamak yang taratur
    2. Menggunakan kombinasi 3 kata    untuk membentuk kalimat
    3. Menjawaban pertnyaan    sederhana “apa”
    4. Mengulang kalimat yang terdiri dari lima kata
    5. Mengidentifikasi insiden sederhana dikala di tany
    6. Menggunakan kalimat dengan 4 kata

    Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Umur 3-4 Tahun
    1. Menyebutkan nama depan dan nama belakangkangnya
    2. Menyebutkan 3 kejadian/peristiwa umum
    3. Menceritakan pengalaman sederhana
    4. Mulai mengajukan pertanyaan yang terencana
    5. Konsisten dalam memakai kalimat komplit
    6. Bertanya dengan memakai variasi kata: siapa, apa, di mana dsb
    7. Berderita dengan memakai gambar
    8. Mampu menjawaban pertanyaan”jika....lalu apa?”

    Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Umur 4-5 Tahun  

    1. Dapat memakai kata sambung tapi
    2. Dapat mendefinisikan kata-kata yang sederhana
    3. Dapat menceritakan perbedaan suatu benda
    4. Dapat menyebutkan kota asalnya

      
      Karakteristik Perkembangan Anak Umur 5-6 Tahun
    1. Dapat berbicara lancar dengan memakai kalimat yang kompleks terdiri dari 5-6 kata
    2. Dapat melaksanakan percakapan tanpa memonopoli pembicaraan
    3. Dapat memakai kata-kata yang memberikan keurutan
    4. Dapat mendapatkan pesan sederhana dan memberikan pesan tersebut
    5. Dapat menyebutkan nam orang tuanya.


    E. Perkembangan Kodnitif

    Di dalam kehidupan, anak dihadapkan kepada duduk masalah yang menuntut adanyapemecahan. Menyelesaikan suatu duduk masalah merupakan langkah yang ludang keringhkompleks pada diri anak. Sebelum anak bisa menuntaskan persoalan, anakperlu mempunyai kemampuan untuk mencari cara penyelesaiannya.

    Faktor kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar, alasannya yakni sebahagian besar acara dalam berguru selalu bekerjasama dengan kasus mengingat dan berfikir.

    Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Usia 0-1 Tahun
    1. Mengetahui secara visual objek objek yang di letakka 8-10 inci di depan matanya
    2. Melihat cahaya
    3. Menghitung 3  buah benda
    4. Mengikuti arahan badan orang dewasa


    Karakteristik Perkembangan Kognisi Anak Umur 1-2 Tahun
    1. Menirukan isyarat-isyarat yang baru
    2. Mengenai dan menamai atau memberikan pada gambar yang mewakili benda tertentu
    3. Memahami 2 kata depan
    4. Mangingat daerah mainan di letakkan
    5. Memperlihatkan ketertarikan dan ingin tahu pada sekitarnya dengan dengan membongkar sesuatu


    Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Umur 2-3 Tahun
    1. Dapat menunjuk dan menyebut gambar sederhana
    2. Tertarik untuk dibacakan cerita
    3. Dapat menunjuk anggota tubuh
    4. Dapat mengelompokkan warna
    5. Dapat mengerti konsep besar/kecil,sedikit/banyak
                 

    Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Umur 3-4 Tahun
    1. Dapat mengenal fungsi benda dengan benar
    2. Dapat mengelompokkan benda menurut bentuk,warna,ukuran dan fungsi secara sederhana
    3. Ikut dalam kegiatan membaca dengan mengisi kata-kata atau kalimat yang kosong
    4. Dapat memberikan dan menyebutkan anggota tubuhnya
    5. Dapat mencocokkan sampai sebelas warna

                   
    Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Umur 4-5 Tahun
    1. Dapat memperoleh informasi wacana sesuatu yang faktual melalui buku
    2. Dapat mencoba untuk menceritakan kembali suatu kisah berdasrkan ingatannya
    3. Dapat memberikan bentuk lingkaran,bujur sangkar,segitiga,persegi panjang.
             
    Karakteristik perkembangan kognitif anak umur 5-6 tahun
    1. Berusaha membaca dengan memperhatikan gambar
    2. Dapat membaca beberapa kata-kata yang dilihatnya
    3. Dapat membaca kisah sederhan dengan bersuara
    4. Dapat membedakan fantasi dan realita
    Advertisement

    Iklan Sidebar