-->

Info Populer 2022

Perencanaan Keuangan: Antara Asuransi, Unit Link Dan Investasi

Perencanaan Keuangan: Antara Asuransi, Unit Link Dan Investasi
Perencanaan Keuangan: Antara Asuransi, Unit Link Dan Investasi
Perencanaan Keuangan: Antara Asuransi, Unit link dan Investasi - Warren Buffet, tokoh investasi terkemuka memdiberi saran yang menarik wacana sebuah investasi. Banyak diantara kita terjebak dengan contoh fikir bahwa untuk diberinvestasi harus kaya dulu, padahal berdasarkan Buffet diberinvestasilah pada keuangan dan Anda akan kaya. Ada banyak instrumental investasi yang ada di Indonesia, mulai dari komoditas (emas, perak, dsb), pasar modal (saham, reksadana, dsb) hingga dengan produk kombinasi asuransi dan investasi yang biasa kita kenal dengan istilah Unit Link.


Nah produk apakah yang Anda pilih dan paling sempurna buat Anda? Mari kita simak detail produk tersebut sehingga Anda sanggup menentukan produk yang paling sempurna buat Anda. Hal yang paling utama di tentukan di awal adalah: “Apapun produk pilihan Anda, kembalikan ke tujuan awal keuangan Anda”.

Tujuan Awal dari Perencanaan Keuangan Anda

Secara prinsip ada 2 hal yang harus kita pahami di awal:
  1. Anda mencari produk perlindungan atau
  2. Anda mencari produk investasi

Jika Anda mencari proteksi, misal alasannya usia sudah renta (diatas 50 tahun), ambil saja Asuransi murni tanpa investasi, misal asuransi jiwa, personal accident, asuransi kesehatan dsb. Jika Anda berani ambil resiko dan memburu gain/margin laba yang besar, ambil saja produk murni investasi tanpa ada proteksi, misal saham, reksadana, komoditas emas, dsb. Kedua pilihan diatas akan memdiberikan hasil terbaik bagi tujuan keuangan Anda.

Bagaimana dengan kombinasi antara kedua produk diatas? Satu hal yang pasti, jadinya tidak akan terbaik, namun Anda akan mendapat kedua tujuan keuangan diatas sekaligus, yaitu perlindungan sekaligus investasi. Artinya apa? Nilai premi yang Anda bayarkan akan bertumbuh, dan Anda juga akan mendapat perlindungan diri sesuai pilihan cover Asuransi yang Anda ambil walaupun kedua benefit diatas tidak terbaik dibandingkan jikalau Anda ambil salah satu produk saja.

Tabel ilustrasi sebagai diberikut:
Penjelasan suplemen yang membedakan ketiga produk keuangan diatas:

 
Unit Link, Uang Pertanggungan (UP) jikalau terjadi klaim, akan kecil alasannya alokasi premi banyak di sektor investasi, sementara untuk asuransi murni skor UP nya besar. Misalnya terjadi klaim meninggal dunia, maka produk unit link hanya akan memdiberi porsi seskor UP nya saja, jikalau skor investasinya belum berkembang, sementara jikalau di asuransi murni skor UP akan full tanpa dipotong biaya investasi.
  1. Anda sanggup membayangkan contohnya pada ketika pemegang polis melaksanakan claim meninggal, harga unitlink lagi turun drastis, maka pakar waris hanya akan mendapat UP yang sangat kecil . Asuransi Unit Link memang cocok untuk usia muda dibawah 35 tahun, sedangkan bagi Anda yang sudah masuk usia senja 35 – 50 th, sebaiknya ambil Asuransi murni tanpa investasi semoga hasil perlindungan besar sehingga ketika terjadi claim skor UP nya besar.
  2. Ilustrasi sederhana, contohnya jikalau Anda ambil produk Asuransi Murni dengan premi 500ribu/bulan, maka kita akan mendapat perlindungan asuransi dengan skor UP yang besarjika dibandingankan dengan Unit Link, namun demikian produk ini mewajibkan kita menabung seumur hidup semoga kita sanggup dicover hingga seumur hidup juga. Sementara itu jikalau Anda ambil Asuransi plus investasi atau unit link dengan membayar premi 500ribu/bulan selama 10 tahun maka Anda sudah sanggup mendapat coveran perlindungan asuransi seumur hidup walaupun skor UP nya ludang keringh kecil dibandingkan Asuransi murni. Premi untuk cover perlindungan selama seumur hidup untuk produk unit link diambilkan dari tingkat return dari investasi yang ditanamkan.
Advertisement

Iklan Sidebar