-->

Info Populer 2022

Fototropi

Fototropi
Fototropi
A.     Landasan Teori

Gerak pada tumbuhan disebut dengan gerak etinom yang reaksi gerak yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar. Kecuali gerakan turgor, tumbuhan beraksi terhadap perubahan di alam sekitarnya dengan pertumbuhan. Respon pertumbuhan sanggup menyebabkan satu kepingan tumbuhan ludang kecepeh cepat tumbuh dari pada kepingan lainnya. Pertumbuhan ini bisa menghasilkan gerakan yang niscaya tetapi relatif lamban. Berdasarkan korelasi antara respon gerakan dengan asal rangsangan, gerakan etinom sanggup dibedakan menjadi :

1.    Tropisme

Tropisme yakni gerak kepingan tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Dintinju dari macam sumber rangsangan, tropisme sanggup dibedakan menjadi :

  • Fototropisme; Adalah gerak kepingan tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya
  • Geotropisme; Adalah gerak kepingan tumbuhan lantaran efek grafitasi bumi
  •  Hidrotropisme; Adalah gerak tumbuhan lantaran rangsangan air
  •  Kemotropisme; Adalah gerak tumbuhan lantaran rangsangan zat kimia
  • Togmotrpisme; Adalah gerak kepingan tumbuhan lantaran adanya rangsangan sentuhan satu sisi atau persinggungan


2.    Nasti

Merupakan gerak tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri. Macam-macam gerak nasti:

  • Fotonasti; Adalah gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan cahaya
  • Niktinasti; Merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh suasana gelap, sehingga disebut juga gerak tidur
  • Tigmonasti/seismonasti; Adalah gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan sentuhan atau gerakan
  • Termonasti; Merupakan gerakan yang disebabkan oleh rangsangan suhu.
  •  Haptonasti; Merupakan gerak nasti yang terjadi pada tumbhan insektivora yang disebabkan oleh sentuhan serangga
  •  Nasti kompleks; Adalah gerak nasti yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus, ibarat karbohidrat pH, temperatur, dan kadar kalsium


3.    Taksis

Adalah gerak seluruh badan atau kepingan dari tumbuhan yang berpindah daerah dan arah perpindahannya dipengaruhi rangsangan.


C.    Alat dan materi

a.    Polibek
b.    Media tanah
c.    Media air
d.    Biji Vigna Ungiculata



D.    Cara Kerja 

  1. Menanam Vigna Ungiculata dalam polibek yang diisi dengan media tanah
  2. Meletakkan dijendela yang mengenai sinar matahari 
  3. Mengamati arah pertumbuhan tumbuhan pada kepingan yang mengenai cahaya dan yang tidak mengenai cahaya serta mencari perbedaanya
  4. Membalik kepingan yang mengenai cahaya ke arah yang membelakangi cahaya



F.    Hasil Pengamatan



Keterangan :
-    Kecambah vigna ungiculata  gerak tumbuh selalu mengikuti arah rangsangan cahaya matahari



F.    Pembahasan

Tanaman vigna ungiculata  yang kami amati merupakan salah satu tumbuhan yang cepat tumbuh walaupun dengan perawatan sederhana. Biji tumbuhan vigna ungiculata  yang ditanam dalam polibek, kemudian dimemberikan air dan ditempatkan pada jendela yang sanggup tembus cahaya matahari. Dalam jangka waktu yang sangat pendek bisa hidup dan menjadi tumbuhan baru. Hal yang kami amati dalam tumbuhan vigna ungiculata  ialah wacana arah tumbuh atau arah pergerakannya. Mula-mula arah tumbuhan tanaman ini ialah menghadap kearah sinar matahari yang mengenainnya.

Dari hasil tersebut kami sementara sanggup menyimpulkan bahwa cara tumbuh atau gerak tumbuhan tersebut tergolong dalam fototropisme yaitu gerak kepingan tumbuhan yang arahnya mengikuti cahaya matahari.

Setelah didiamkan selama 2 hari, kami membalik arah tumbuhan yang bengkok tadi atau arahnya menghadap matahari, kemudian arahnya kami balik membelakangi matahari, hasilnyapun sama, selalu mengikuti arah matahari. Dari sini kami pun bertambah yakni bahwa tumbuhan tersebut termasuk ke dalam tumbuhan fototropisme, lantaran kepingan tumbuhan tersebut arah tumbuhannya akan selalu mengikuti arah cahaya matahari yang menyinarinya.


G.    Simpulan

1.    Gerak tumbuhan secara mum sanggup digolongkan menjadi 3 :

-    Tropisme
-    Nasti
-    Taksis

2.    Tanaman vigna ungiculata  merupakan tumbuhan yang tergolong dalam tumbuhan yang arah gerak sebagian tubuhnya menghadap matahari sehingga tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan fototropisme.

Advertisement

Iklan Sidebar