-->

Info Populer 2022

Biografi Tahi Bonar Simatupang - Profil

Biografi Tahi Bonar Simatupang -  Profil
Biografi Tahi Bonar Simatupang -  Profil
BIOGRAFI T.B. SIMATUPANG - Profil

A.    Masa Kecil  dan Latar Belakang Pendidikan Tahi Bonar Simatupang

T. B. Simatupang, lahir di Sidikalang Kabupaten Dairi Sumatra Utara tanggal 28 Januari 1920-1990. T.B. Simatupang abreviasi dari Tahi Bonar dalam bahasa Batak yang berarti permufakatan atau tujuan yang benar. Sedangkan Simatupang merupakan nama marga untuk orang Batak dari pihak ayahnya. T.B. Simatupang adalah anak dari seorang Pegawai Negeri, Kepala Kantor Pos Sidikalang, ayahnya berjulukan Sutan Mangaraja Soaduan Simatupang, berasal dari Laguboti, dan ibunya, seorang perempuan yang penuh afeksi kepada anak-anaknya.

T. B. Simatupang mempunyai delapan bersaudara, dia anak yang kedua, dari delapan bersaudara. Nama-nama yang dimemberikankan oleh ayahnya untuk nama anaknya menciri khaskan nama-nama orang Batak, ibarat nama anak yang pertama dari ayahnya. Sahala Hamonangan, yang mempunyai arti wibawa kemenangan, anak yang kedua Tahi Bonar yang mempunyai arti permufakatan atau tujuan yang benar, anak yang ketiga Frieda Theodora, yang mempunyai arti anak pemmemberikanan Tuhan yang lahir pada hari Jumat, anak yang keempat Pinta Pasu, yang berarti perempuan, anak kelima Maruli Humala Diasi, yang berarti laki-laki, anak yang keenam Tapi Omas yang berarti
perempuan, anak yang ketujuh Batara Ningrat, Batara dari mitologi Batak-Hindu ditambah dengan Ningrat, kesadaran nasionalisme yang ludang kecepeh luas dari nasionalis Batak, dan anak yang kedelapan Riaraja,  yang artinya anak laki-laki.  (T.B. Simatupang , Membuktikan Ketidakbenaran Suatu Mitos Menelusuri Makna Pengalaman Seseorang Prajurit Generasi Pembebas Bagi Masa Depan Masyarakat, Bangsa dan Negara  (Jakarta : Sinar Harapan , 1991), hlm. 20 )

T.B. Simatupang pada usia 6 tahun keluarganya pindah ke Siborong-borong, di sinilah dia masuk sekolah Zending, tapi keluarga dia tinggal hanya 9 bulan di Siborong-borong, kemudian keluarganya pindah ke Pematang Siantar. Di Pematang Siantar inilah T. B. Simatupang masuk sekolah HIS (Hollands Inlandse School) yaitu pada tahun 1927. (Ibid., hlm. 22)

Pada tahun 1927-1934 berkembang semacam kesadaran nasionalisme yang tinggi dalam masyarakat Pematang Siantar. Ada nasionalisme Indonesia dan nasionalisme Batak dan Kristen, di Pematang Siantar inilah telah tumbuh sebuah semangat gres yang sanggup menambah kesadaran mengenai harga diri dan tanggung tpendapat yang dimiliki oleh orang-orang Pematang Siantar, hal semacam ini terlihat terperinci dengan pertumbuhan banyak sekali macam organisasi yang sanggup mengasah pengetahuan, dan juga telah terbit banyak sekali macam media cetak seperti: Suara Kita, Bintang Batak, dengan adanya media cetak semacam ini sanggup menambah wawasan dan pengetahuan.

T. B. Simatupang meyelesaikan sekolahnya di HIS pada tahun 1934, dengan predikat yang memuaskan, sebab T. B. Simatupang termasuk anak yang cerdik, rajin dan juga kutu buku, dalam hal ini ia telah sanggup menuntaskan sekolahnya dengan baik.

T. B. Simatupang, pada tahun 1934 melanjutkan studinya ke SMP Kristen, dalam bahasa Belanda (Christelijke Meer Uitgebreid Lagar Onderwijs atau Christelijke MULO ) Dr. Nomensen yang terletak di Tarutung. Christelijke MULO merupakan sekolah elite bagi masyarakat Nasrani Batak , sekolah yang mempunyai kualitas yang elok dan disiplin yang tinggi, dan mendidik siswa-siswinya dengan baik semoga sanggup menjadi orang yang cerdik, bermutu dan berkharisma, dan bertanggunga tpendapat. (Ibid., hlm. 39)

Setelah masuk sekolah MULO, T. B. Simatupang belajarnya sangat tekun sekali, dan rajin membaca buku, baik itu buku pelajaran atau buku-buku umum yang ludang kecepeh banyak menambah pengetahuan, maka semangat nasionalisme sangat berkobar-kobar. T.B. Simatupang menuntaskan studinya di MULO tahun 1937 dengan mendapat predikat yang memuaskan.

Kemudian T. B. Simatupang melanjutkan studinya di pulau Jawa yaitu masuk sekolah Christelijke Algemene Middelbare School atau Christelijke AMS (SMA Kristen), di Salemba, Batavia (Jakarta) sebab pada waktu itu di Sumatra belum ada SMA, maka siapa yang mau sekolah Sekolah Menengan Atas harus ke pulau Jawa. AMS di Salemba ini termasuk sekolah yang terbaik di Hindia-Belanda, dan siswa-siswinya kebanyakan bawah umur orang Belanda yang  mempunyai status sosial yang  tinggi, sedangkan putra-putri bangsa Indonesia yang masuk sekolah AMS ialah golongan-golongan kelas atas. Semangat nasionalisme putra-putri bangsa Indonesia knorma dan sopan santun masuk sekolah AMS makin bergejolak ibarat yang dialami oleh T. B. Simatupang.

T. B. Simatupang sewaktu sekolah AMS di Batavia ia juga aktif dalam kegiatan-kegiatan  di gereja, khususnya gereja Batak, yang ada di jalan Kernolong Jakarta, knorma dan sopan santun ia aktif di gereja ia  banyak mendapat teman dari mahasiswa- mahasiswa teologi, ia sering tiba dalam pertemuan-pertemuan mahasiswa teologi yang telah mempunyai semangat yang tinggi dengan tiba nya gereja-gereja di Indonesia.

Pada tahun 1940 T. B. Simatupang sanggup menuntaskan studi AMSnya dengan hasil yang memuaskan, meskipun hanya tiga tahun di Batavia, tapi ia mendapat pengalaman yang luar biasa yang sanggup hidup mandiri, dengan berorientasi dengan orang-orang Belanda di lingkungannya, dan sanggup menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap kecintaannya dengan Indonesia.

 Kemudian sesudah T. B. Simatupang menuntaskan studi AMS di Salemba, ia berangan-angan atau bercita- cita ingin melanjutkan studinya perihal kedokteran, sebab nanti apabila telah selesai studi kedokteran akan mengabdi dan bekerja di rumah sakit Gereja. (Ibid., hlm. 80) Akan tetapi iklim pada ketika itu tidak memungkinkan, sebab ada memberikanta perihal penguasaan Jerman terhadap Belanda. Makara pemuda-pemuda Belanda yang ada Hindia-Belanda harus ikut jadi militer untuk mempertahankan Belanda. Oleh sebab itu dibukalah pembukaan sekolah KMA (Koninlijke Militaire Acdingin dan damaiie) atau Akdingin dan damaii Militer kerajaan Belanda di Bandung. T. B. Simatupang, mendaftarkan diri untuk masuk akdingin dan damaii itu, dan ia lulus dengan baik, T. B. Simatupang  dalam pangkat kemiliterannya berpangkat Letnan satu, tetapi yang perlu diingat dan dicatat T. B. Simatupang bekerja untuk orang Belanda tetapi rasa nasionalisme terhadap Indonesia tetap tidak berubah dan tidak akan pernah padam.

T. B. Simatupang masuk militer, tiruana itu untuk menepis mitos-mitos yang dilontarkan orang-orang Belanda kepada Indonesia, bahwa orang Indonesia tidak cocok untuk menjadi militer. Orang Indonesia tidak bisa membangun suatu angkatan perang. Akan tetapi T. B. Simatupang bertekad dan berusaha untuk menolak tiruana mitos-mitos itu, orang-orang Indonesia bisa menjadi militer dan bisa bersaing dengan militer di negara-nagara lain.

 dan Latar Belakang Pendidikan Tahi Bonar Simatupang Biografi Tahi Bonar Simatupang -  Profil


B. Karir dan Kegiatan Tahi bonar Simatupang

T. B. Simatupang, mempunyai pengalaman militer sangat banyak sekali, yang ia dapatkan dari orang-orang Belanda/militer Belanda yang pernah medidik ia untuk mejadi militer, dari pengalaman-pengalaman yang ia peroleh sanggup dikembangkan kepada tentara-tentara atau militer Indonesia, yang berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Karir T. B. Simatupang perihal militer, sangat dibanggakan sebagai anak bangsa sanggup mejadi militer yang profesional, ia juga dipercaya untuk membantu sepenuhnya pembangunan militer angkatan bersenjata Indonesia, dan selalu mejadi perwakilan dari pihak angkatan bersenjata dalam delegasi Indonesia banyak sekali negosiasi dengan Belanda di Konfrensi Meja Bundar. Misi utamanya ialah mendesak Belanda membubarkan KNIL (tentara boneka ciptaan Belanda) serta mengukuhkan Tentara Nasional Indonesia sebagai kekuatan inti bagi angkatan perang RI.

T. B. Simatupang pernah memegang jabatan wakil II Kepala Staf Angkatan Perang (W II KSAP), dan yang memegang wakil I Kepala Staf Angkatan Perang ialah Kolonel Hidayat, tetapi Kolonel Hidayat ditugaskan di Sumatra, sebagai Panglima Tentara dan Teriotorium Sumatra (PTTS), maka, ia di percayakan sebagai pengganti Kolonel Hidayat, dengan menduduki sebagai wakil I Kepala Staf Angkatan Perang, dan yang menjadi Kepala Angkatan Perang (KSAP) pada ketika itu ialah Jendral Sudirman, yang merangkap menjadi panglima Besar Angkatan Perang (PBAP), sebagai wakil KSAP ia membantu Jendral Sudirman dalam pengamanan bangsa Indonesia terhadap penjajah. (T.B.Simatupang , Laporan Dari Banaran : Kisah Pengalaman Seorang Prajurit Selama Perang Kemerdekaan ( Jakarta: PT. Pembangunan, 1960 ), hlm. 9. )

Sebagai wakil Kepala Staf Angkatan Perang, T. B. Simatupang  telah banyak jasanya terhadap usaha bangsa Indonesia. Pada ketika itu Jendral Sudirman dalam keadaan sakit yang sangat kritis, maka Jendral Sudirman memmemberikankan tanggung tpendapat kepada T. B. Simatupang semoga sanggup memimpin Staf Angkatan Perang Republik Indonesia. Pada tanggal 29 Januari 1950, Jendral Sudirman meninggal dunia, dengan demikian yang menggantikan Kepala Staf Angkatan Perang ialah T. B. Simatupang .

Karir T. B. Simatupang memang agak menanjak, tapi dalam waktu yang sangat singkat, T. B. Simatupang di pensiunkan dari Kepala Angkatan Perang pada tanggal 21 Juli 1959. Dengan adanya pergeseran jabatan, maka T. B. Simatupang di minta untuk menjadi pesaran militer.

Setelah keluar dari dinas kemiliteran, ia banyak mempunyai waktu luang, dan juga diundang dalam pelayanan gereja-gereja di Indonesia. Waktu luang tersebut diisi dengan menulis dan membaca banyak tulisan-tulisannya yang beredar di media masa dan forum-forum pertemuan, dan juga ia menekuni studi perihal teologi, dalam dimensi teologi, maka masalahnya terbukti sanggup dipahami secara ludang kecepeh mendalam. Studi perihal teologi sangat luas, sehingga kita sanggup terus mempelajari teologi itu seumur hidup. (T.B.Simatupang, Membuktikan Ketidakbenaran …………,op.cit., hlm.187-188)

Ketertarikan T. B. Simatupang dalam Dewan-Dewan Gereja di Indonesia lewat bidang gereja dan masyarakat, ia aktif menjadi anggota DGI, kemudian ia terpilih sebagai ketua Badan Pekerja Harian, jabatan itu dipercayakan kepadanya hingga sidang raya X DGI di Ambon, tahun 1984.(Samuel Pardede ( penyunting .), Saya ialah Orang yang Berhutang ( Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1990 ), hlm. 15) Periode 1984-1989 T. B. Simatupang terpilih sebagai Ketua Majlis Perberat sebelahan PGI, hingga periode 1989-1994.

Masa pengabdiannya di DGI/PGI, T. B. Simatupang aktif juga dalam sidang gereja-gereja dan dewan gereja-gereja sedunia. Ia semenjak tahun 1975-1984, menjadi presiden mewakili gereja-gereja se-Asia selama satu periode.

Pengabdiannya terhadap gereja-gereja dan juga bangsa dan negara, sangat cemerlang, tapi dengan faktor usia yang sudah tua, maka tiruana dedikasi harus berhenti, ia meninggal dunia pada tanggal 1 Januari 1990 sebab sakit, pengabdiannya sangat luar biasa maka haruslah kita hargai.



C. Karya-Karya Tahi Bonar Simatupang

1.    Dalam Bentuk Buku
  • Laporan dari Banaran : Kisah Pengalaman Seorang Prajurit Selama Perang Kemerdekaan, Jakarta: PT. Pembangunan, 1960
  • Tugas Nasrani Dalam Revolusi, Jakarta: Badan Penerbit Kristen, 1967
  • Peranan Angkatan Perang Dalam Negara Pancasila yang Membangun, Jakarta: Idayu, 1980
  • Iman Nasrani dan Pancasila , Jakarta; BPK. Gunung Mulia, 1984
  • Kedatang an Nasrani Dalam Perang, Revolusi dan Pembangunan: Berjuang Mengamalkan Pancasila Dalam Terang Iman, Jakarta: BPK, Gunung Mulia, 1986
  • Dari Revolusi ke Pembangunan, Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1987
  • 70 Tahun Dr. T. B. Simatupang: Saya Adalah Orang Yang Berhutang, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1990
  • Membuktikan Ketidakbenaran Suatu Mitos, Menelusuri Makna Pengalaman Seorang Prajurit Generasi Pembebas Bagi Masa Depan, Masyarakat, Bangsa dan Negara, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1991
  • Peranan Agama dan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dalam Negara Pancasila yang Membangun, Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 1996


2.    Artikel
  • Masalah- problem Etika dan Moral Dalam Pembangunan Yang Mengamalkan Pancasila, Peninjau, 1982
  • Peranan Teologi Dalam Masyarakat Indonesia, Setia, 1987
  • “Spiritualitas dan Beragam Keagamaan di Indonesia”, Peninjau, 1984
  • “Strategi Partisipasi Nasrani Dalam Pembangunan Pendidikan Di Indonesia”, Peninjau, 1984
  • Dapatkah Ilmu-Ilmu Sosial Memmemberikankan Sumbangan Dalam Mission Imposible Kita ?, Peninjau, 1987
  • “Dukungan Birokrasi Modal Memenagkan Pemilu”, Prisma, 1979

Karya-karya T. B. Simatupang yang dicantumkan oleh penulis di atas, penulis peroleh dari banyak sekali sumber buku yang dikarang oleh T. B. Simatupang sendiri .


D. Orang Orang Yang Mempangaruhi Pemikiran T.B. Simatupang

Ada beberapa pemikiran yang mempengaruhi perjalanan intelektual T. B. Simatupang yaitu Carl Von Clausewitz, untuk mempelajari perihal perang, T. B. Simatupang pada masa mudanya mengagumi perihal pemikiran Carl Von Clausewitz perihal perang, sehingga ia sanggup mempelajari dengan sungguh-sungguh, kemudia ia memmemberikankan landasan teoritis bagi pemberian dalam usaha bangsa dan negara Indonesia, khususnya bidang militer serta masalah-masalah diplomasi dan politik yang terkait dengan usaha militer.(T.B. Simatupang , Membuktikan Ketidakbenaran…….., op.cit., hlm. 118) T. B. Simatupang sesudah mendapat pengetahuan perihal perang dari pemikiran Carl Von Clausewitz, kemudian Pengetahuan yang ia miliki perihal perang ia praktekkan dan ikut terlibat dalam pengorganisasian tentara dalam melaksanakan perang gerilya, dalam menumpas penjajah. (T.B. Simatupang , Iman Nasrani dan Pancasila ( Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1984 ),hlm. 13.)

Masih ada pemikiran yang mempengaruhi intelektual T. B. Simatupang yaitu Karl Marx, untuk mempelajari perihal revolusi yang dibangun oleh Karl Marx perihal struktur sosial yang ada dalam masyarakat, usaha kelas sosial akan melukiskan revolusi, T. B. Simatupang semenjak dari muda ia sudah mempelajari atau menambah wawasannya perihal revolusi yang dibangun oleh Karl Marx. Menurut Karl Marx revolusi harus dibedakan menjadi dua yaitu: revolusi politik dan revolusi sosial. Revolusi Politik apabila kekuasaan politik dipegang oleh kaum proletar (kelas bawah). Revolusi sosial, kaum proletar sanggup memegang kekuasaan dari kaum borjuis, kekayaan-kekayaan yang dimiliki kaum borjuis sanggup dimanfaatkan oleh kaum proletar untuk kepentingan dan perubahan yang ada dalam masyarakat , T. B. Simatupang mempelajari revolusi ini untuk mengetahui sebagai mana pentingnya perubahan-perubahan yang harus dilakukan dan tidak ada penindasan terhadap rakyat, semajak ia mempelajari revolusi nya Karl Marx sanggup menambah rasa sosialismenya terhadap rakyat Indonesia atau bangsa Indonesia.(Lyman Tower Sargent, Ideologi-Ideologi Politik Kontemporer, Sebuah Analisis Komperatif, Edisi keenam ( Jakarta: Erlangga , 1087 ),hlm. 14. )

T. B. Simatupang mengagumi juga pemikiran Teologi Karl Barth. Karl Bath berasal dari kota Basel, Swiss (10 Mei 1886) dengan teologinya yang sangat dikenal dan banyak dipakai Teologi Kemerdekaan, menurutnya teologi kemerdekaan ialah sebuah teologi yang memandang pada kemerdekaan Allah yang memmemberikankan afeksi dan karunia kepada kemerdekaan manusia. Maksud kemerdekaan di sini ialah merdeka dari tindakan kejahatan dan penindasan, yang disimpulkan dalam istilah “dosa”, dan ludang kecepeh dari itu merdeka untuk sungguh-sungguh hidup bersama Allah dan sesama dalam prikemanusiaan yang sejati (Clifford Green, Karl Barth, Teologi Kemerdekaan: kumpulan cuplikan Karya Karl Bath, ( terj .), Marie Claire Barth ( Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1989 ), hlm. 47).  Makara berdasarkan Karl Barth insan jangan hingga melaksanakan tindakan kejahatan dan menindas orang-orang yang lemah atau tidak mampu, dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan tersebut maka akan selau dikasihi Allah, dan apabila melaksanakan perbuatan-perbuatan kejahatan dan penindasan maka akan mendapat dosa.

Ketertarikan T. B. Simatupang dengan teologinya Karl Barth ialah bahwa Karl Bath menginginkan insan itu selalu bersahabat dengan Tuhan, dan insan harus suci dari perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji, dan menjauhkan dari dosa. Karl Barth membangun teologinya atas dasar “Pernyataan”, terutama pernyataan Allah dalam Yesus Kristus sebagaimana disaksikan dalam kitab suci. (Ibid., hlm. 17)

Setelah T. B. Simatupang mempelajari Teologinya Karl Barth, kemudian ia mempelajari juga pemkiran Reinhold Niebuhr, seorang teologi Amerika Serikat yang berusaha memikirkan masalah-masalah kekuasaan keadilan dan kebebasan di negerinya sendiri dan juga di luar negeri, berafiliasi dengan kekuasaan Amerika Serikat yang sangat besar sesudah perang dunia II berakhir. Secara sederhana problem kekuasaan, kebebasan dan keadilan bertolak dari kodrat insan ibarat yang terdapat dalam Al-Kitab yaitu mahluk yang mempunyai martabat yang sangat tinggi. (T.B. Simatupang ,  Membuktikan Ketidakbenaran………, op.cit., hlm.189) Sistem kekuasaan sangat diharapkan untuk menjamin keamanan dan ketertiban secara dampak dan imbastif terhadap kekuasaan. Kebebasan juga diharapkan untuk memperjuangkan dan menegakkan keadilan.

T. B. Simatupang melihat perkembangan sitem-sitem politik ekonomi sepanjang sejarah bangsa Indonesia, sesudah Proklamasi Kemerdekaan, membuka selebar-lebarnya dalam tiruana bidang, antara lain pembentukan partai-partai politik dan pembentukan-pembentukan tentara-tentara bersenjata. Itulah ungkapan Soekarno untuk menegakkan demokrasi terpimpinnya. Akan tetapi ungkapan semacam ini ialah kesalahan besar dalam demokrasinya, sebab tidak memmemberikankan ruang kebebasan, sehingga sistem politik yang dibangun menjadi penuh penyalahgunaan dan penuh kebobrokan.

Dari beberapa orang yang telah mempengaruhi pemikiran T.B. Simatupang di atas, maka sanggup ia terapkan dalam kehidupannya sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara yang baik, oleh sebab itu T.B. Simatupang ialah seorang yang telah mempunyai pengetahuan yang luas perihal ketentaraan, diplomasi ( politik dan militer) dan teologi. Dalam bidang ketentaraan ia sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan, dan juga memmemberikankan pengetahuan perihal kemiliteran kepada tentara –tentara Indonesia . (P.D. Latuihamallo, Menyambut Usia ke 70 T.B. Simatupang, dalam buku, 70 tahun Dr.T.B. Simatupang, Saya Adalah Orang yang Berhutang ,( Penyunting .), Samuel Pardede ( Jakarta : Pustaka Sinar Harapan , 1990 ), hlm. 22)

Setelah T.B.Simatupang tidak aktif dalam bidang kemiliteran maka ia ludang kecepeh mencurahkan perhatiannya kepada organisasi agama. Dewan Gereja ialah medan juang yang di pilihnya, ia sempat menjadi Ketua Dewan Gereja Indonesia , Ketua Dewan- Dewan Gereja  se Asia, dan  pernah menjadi Presiden Dewan Gereja-Gereja se Dunia.

Gereja yang tiruanla lahir terpisah-pisah ingin dipadukan semoga gotong royong melaksanakan kiprah Dewan Gereja Indonesia dalam rangka pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. (Emil Salim, Yang Penting “ Lagu” Bukan Penyanyi, dalam buku, 70 tahun Dr. T.B. Simatupang, Saya Adalah Orang yang Berhutang, ( Penyunting .), Samuel Pardede ( Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1990 ), hlm. 97. ) Itulah yang menjadikannya tokoh nasional paling tegas dikalangan gereja-gereja Nasrani di Indonesia sehingga seluruh pemikirannya sungguh layak untuk dianalisis dan dipelajari. Khususnya di tahun 1970-1990 ia menunjukan dirinya seorang teolog awam yang sangat produktif yang telah banyak memmemberikankan pemberian kepada sejarah nasional dan sejarah gereja, dan pada bidang pembangunan bangsa dan dengan berangkat dari ideologi Pancasila. (A.G. Hoekema, Berpikir Dalam Keseimbangan yang Dinamis Sejarah Lahirnya  Teologi Protestan  Nasional di Indonesia  1860-1960, ( terjemah .), Ny. Amsy Susilaradeya. Jakarta: Gunung Mulia, 1997, hlm. 272)           Biografi Tahi Bonar Simatupang - Profil
Advertisement

Iklan Sidebar