-->

Info Populer 2022

Biografi Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin

Biografi Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin
Biografi Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin
B.    Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin
1. Nama dan Kelahiran al-'Usaimīn 
Beliau ialah Abū 'Abdillāh Muhammad bin Sālih bin Muhammad bin 'Usaimīn al-Muqbil al-Wuhaibiy al-Tamīmiy. Beliau lahir di salah satu kota di Qasim tepatnya di 'Unaizah pada tanggal 27 bulan ampunan 1347 H29/1928 M. Keluarga tempat Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin dilahirkan merupakan keluarga yang taat dan istiqamah dalam agama. Hal ini turut membentuk kepribadian dia yang cinta ilmu dan peka dengan kondisi serta realita umat di sekitarnya.
Selain didukung oleh lingkungan keluarga yang taat dan istiqamah dalam agama, dia juga dikaruniai kecerdasan dan semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu. Dua hal inilah yang nantinya turut menghantarkan dia menjadi seorang intelektual muslim yang disegani dan tetap berpegang pada manhaj atau metode ahlu al-Sunnah wa al-Jama'ah. 
Beliau wafat pada hari Rabu 15 Syawal 1421 H/10 Januari 2001 M pukul enam sore dalam usia 74 tahun di rumah sakit Raja Faisal di Jeddah, sesudah dia terjangkit kanker colon/usus besar. Dalam sakitnya, dia sempat berobat ke Amerika untuk beberapa bulan atas desakan pemerintah, namun akibatnya dia segera kembali untuk melanjutkan tugas-tugas dia yakni mengajar dan memdiberi fatwa di kota 'Unaizah dan masjid al-Haram di Makkah.30 
Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin dişalatkan di masjid al-Harām Makkah sesudah şalat 'aşar pada hari Kamis 11 Januari 2001 M dan disemayamkan di pemakaman Al-'Adl di bersahabat makam guru sekaligus sobat dia di jalan dakwah, Syaikh Abdul 'Azīz bin 'Abdullāh bin Bāz. Ludang kecepeh dari setengah juta insan mengiringi mayat dia ke pemakaman. Hal ini mengatakan tingginya derajat al-'Usaimīn di mata umat ini bahkan para pembesar kerajaan Arab Saudi turut muncul dalam upacara pemakaman beliau. Di antaranya ialah Menteri Dalam Negeri Saudi al-Amīr Nayif bin Abdul 'Azīz, Ketua Pusat Pengkajian Strategi al-Amīr Mamduh bin Abdul 'Azīz, Ketua Daerah Qāsim al-Amīr Faisal bin Bandar bin Abdul 'Azīz dan Gubernur Jeddah al-Amīr Musy'il bin Mājid bin Abdul 'Azīz.

2. Latar Belakang Intelektual Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin
Karena dia berasal dari keluarga yang cinta ilmu, maka pendidikan dia yang pertama tentunya dia peroleh dari keluarga dia sendiri yakni kakek dia dari pihak ibu  yang berjulukan Syaikh Abdurrahmān bin Sulaimān Ālu Dāmig. Pada kakeknya tersebut al-'Usaimīn berguru membaca al-Qur'an dan berhasil menghafalnya. Kemudian dia berguru khat, ilmu hisab (ilmu hitung) dan berguru sebagian ilmu sastra.31 
Knorma dan sopan santun masih kanak-kanak, dia menuntut ilmu kepada dua orang pelajar dan siswa Syaikh Abdurrahmān bin Nāsir al-Sa'diy (yakni Syaikh Muhammad bin Abdul 'Azīz al-Muţawwi' dan Syaikh 'Ali al-Şālihiy) yang telah ditunjuk al-Sa'diy untuk mengajar anak-anak. Beliau berguru kepada keduanya "Mukhtaşar al-'Aqīdah al-Wāsiţiyyah" karya al-Sa'diy dan "Minhāj al-Sālikīn fī al-Fiqh" karya al-Sa'diy pula. Selain itu dia juga berguru kitab Nahwu dan Saraf "al-Ājurūmiyyah" dan "al-Alfiyah".
Pada tahun 1371 H (dalam usia 24 tahun) dia mulai mengajar di masjid Jāmi'. Kemudian dalam usia 26 tahun (tahun 1372 H) dia masuk Ma'had al-Ilmi di Riyad dan berguru Şahih al-Bukhāri, beberapa risalah Ibnu Taimiyyah serta beberapa kitab fiqih. Knorma dan sopan santun itu ma'had Ilmi dibagi menjadi dua bagian: umum dan khusus. Al-'Usaimīn masuk ke kepingan khusus dan sanggup menuntaskan studi dalam waktu yang ludang kecepeh cepat sebab pada waktu itu berlaku sistem loncat kelas di mana siswa boleh berguru knorma dan sopan santun liburan panjang dan mengikuti tes kenaikan di awal tahun. Dengan demikian al-'Usaimīn sanggup menghabiskan studinya dalam jangka dua tahun. Setelah lulus dari ma'had Ilmi, al-'Usaimīn ditunjuk sebagai guru di Ma'had Ilmi 'Unaizah sambil melanjutkan kuliah di Fakultas Syari'ah dan tetap berguru di bawah bimbingan 'Abdurrahmān al-Sa'diy. Beliau lulus dari Fakultas Syari'ah di Riyād pada tahun 1344 H.
Knorma dan sopan santun al-Sa'diy wafat, Al-Utsaimin ditetapkan sebagai Imam Masjid Jāmi' di Unaizah, mengajar di maktabah 'Unaizah al-Waţaniyah dan tetap mengajar di Ma'had Ilmi. Kemudian dia pindah mengajar di Cabang Universitas Imam Muhammad Ibnu Sa'ud Qāsim pada Fakultas Syari'ah dan Uşūluddin. Selain itu al-'Usaimin juga menjadi anggota Hai'ah Kibār al-Ulama Kerajaan Saudi Arabia.32 Beliau juga aktif memdiberikan fatwa dan memdiberikan pengajian kepada masyarakat umum di banyak sekali tempat di Timur Tengah.

a.    Guru Al-Utsaimin
1)    Syaikh Abdurrahmān bin Nāşir al-Sa'diy.
Beliau wafat pada tahun 1376 H. Seorang mufasir yang masyhur dengan hasil karyanya yang dikenal "Taisīr al-Karīm al-Rahmān fi Tafsīr Kalāmi al-Manān".     Al-'Usaimin berguru kepada dia tauhid, tafsir, hadis, fiqh, seruan al-Fikih, Faraid, Musţalāh al-Hadīs dan Nahwu serta şaraf.33 Al-Usaimīn sangat terpengaruh dengan Syaikh al-Sa'diy dalam hal akhlak, metode tafsir maupun metode pembelajarannya.
2)    Syaikh Abd al-'Azīz bin Abdullāh bin Bāz.
Beliau ialah seorang mufti dan ketua Dewan Ulama di kerajaan Saudi Arabia. 
Al-'Usaimin berguru kepada Syaikh bin Bāz: Kitab Şahih al-Bukhāri, beberapa risalah Syaikh al-Islām Ibnu Taimiyah, serta beberapa kitab Fiqih.34
3)    Syaikh Muhammad al-Amīn bin Muhammad al-Mukhtār al-Jukniy al-Syinqītiy (wafat pada tahun 1393 H).
Beliau ialah seorang mufasir dan sangat menguasai bahasa dimana karyanya yang dikenal dalam bidang tafsir ialah "Adwāu al-Bayān fi īdāhi al-Qur'ān bi al-Qur'ān".
4)    Syaikh Ali bin Hamd al-Şālihiy.
5)    Syaikh Abdurrahmān bin Ali bin 'Audān.
6)    Syaikh Muhammad bin Abdul 'Azīz al-Muţawwi'.
7)    Syaikh Abdurrahmān bin Sulaimān Ālu Dāmig (kakek Al-Utsaimin dari pihak ibu).



b.    Karya Al-Utsaimin
Al-Utsaimin mempunyai karangan ludang kecepeh dari 50 buah, baik dalam bidang aqidah, fikih, uşūl al-fiqh maupun retorika dakwah. Hal ini mengatakan kesungguhan dan kecintaan dia dalam ilmu. Di antara karya Al-Utsaimin ada yang  berupa risalah maupun kitab sebagai diberikut :35 
  1. Ahkāmu al-Şiyām wa al-I'tikāf
  2. Ahkām al-Udhiyah wa al-Zakāh
  3. 'Aqīdah Ahli al-Sunnah wa al-Jamā'ah
  4. As'ilah Muhimmah
  5. As'ilah Hāmmah
  6. As'ilah wa Ajwibah fī Şalāti al-'Iddain
  7. Al-Fatawa al-Żahabiyah fī Bai'i wa Syirā'i al-Żahab
  8. Al-Ibda' fī Bayāni Kamā li al-Syar' wa Khaţaru al-Ibtidā'
  9. Al-Jihad
  10. Al-Khilāf baina al-'Ulamā': Asbābuhu wa Mauqifunā Minhu
  11. Al-Lami' Min al-Khuţabi al-Jawāmi'
  12. Al-Majmu' al-Sāminu fī Fatawa al-Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin
  13. Al-Manhāj li Murīdi al-Hajji wa al-'Umrah
  14. Al-Mar'ah al-Muslimah: Ahkāmu Fiqhiyyah Haula al-Hijāb
  15. Al-Mashu 'ala al-Khuffain
  16. Al-Mudayanah
  17. Al- Al-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahab: Hayatuhu wa Fikruhu.
  18. Al-Tafsīr wa Uşūluhu
  19. Al-Uşūl fī 'Ilmi al-Uşūl
  20. Al-Qada' wa al-Qadar
  21. Al-Qawā'id al-Musla fī Şifātillāhi wa Asmāihi al-Husna
  22. Al-Zawāj
  23. Al-Zawāj fī al-Syari'ati al-Islāmiyyah (Musyatarak)
  24. Fatawa al-Mar'ah al-Muslmah
  25. Fatawa al-Mashu al-Khuffain
  26. Fatawa al-Nisāiyyah
  27. Fatawa Haula Fitan al-Jarā'id wa al-Majallāt
  28. Fatawa Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin
  29. Fathu Rabbi al-Bariyyah bi Talkhīşial-Hamawiyyah li Syaikhi al-Islām Ibni Taimiyyah. Merupakan kitab yang pertama kali disusun Al-Utsaimin sebagai ringkasan dari kitab "al-Hamawiyyah" karya Ibnu Taimiyyah. 
  30. Fitan al-Majallāt
  31. Fuşūl fī al-Şiyām wa al-Tarāwih wa al-Zakāh
  32. Ila Mata Hāża al-Khilāf
  33. Khuţābun fī al-Ţaharah wa al-Şālah
  34. Khuţābun fī al-Şiyām wa al-Zakāh
  35. Khutbah 'Īdi al-Fiţri wa 'Īdi al-Adha
  36. Majāli al-Syarhi Ramadān
  37. Min Musykilati al-Syabāb
  38. Mukhtarātun min Zādi al-Ma'ād
  39. Musţalah al-Hadīs
  40. Nubżah fī al-'Aqīdati al-Islāmiyyah (Syarhu Uşūli al-Īmān)
  41. Risālah al-Hijāb
  42. Risālah fī al-Da'wah Ilallah
  43. Risālatāni Mufīdatāni
  44. Rasāil fī al-'Aqīdah
  45. Risālah Fiqhiyyah fī Sujūdi al-Sahwi
  46. Risālah fī al-Wudū' wa al-Gusli wa al-Şalāh
  47. Rasāil Fiqhiyyah
  48. Risālah fī Hukmi Tāriki al-Şalāh 
  49. Risālah fī Tāriki al-Şalāh wa Fitan al-Majallāt
  50. Risālah Fiqhiyyah (Sujūd al-Syahwi, Ţahārah al-Marīd wa Şalātuhu, wa Mawāqitu al-Şalāh
  51. Samāniyah wa Arba'un Su'ālan fī al-Şiyām
  52. Syarh Lum'ati al-I'tiqādi al-Hādi ilā Sabīli al-Rasyadiy
  53. Şifat al-Wudū'
  54. Şifat al-Hajji wa al-'Umrah
  55. Tafsīr Āyāti al-Kursiy
  56. Talkhīş Kitāb Ahkāmi al-Udhiyah wa al-Zakāh
  57. Tanbīhu al-Afhām bi Syarhi 'Umdati al-Ahkām
  58. Taujihāt Li al-Mu'mināt Haula Tabarruj wa al-Sufūr
  59. Tashīlu al-Farāid
Biografi Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin
Advertisement

Iklan Sidebar