-->

Info Populer 2022

Pengertian Pertumbuhan Definisi Berdasarkan Para Jago Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Pengertian Pertumbuhan Definisi Berdasarkan Para Jago  Dan Faktor Yang Mempengaruhi
Pengertian Pertumbuhan Definisi Berdasarkan Para Jago  Dan Faktor Yang Mempengaruhi
Pengertian Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah sel serta jaringan intraseluler, berarti bertambahnya  ukuran fisik dan struktur tubuh dalam arti sebagian atau seluruhnya. Kaprikornus bersifat kuantitatif sehingga dengan demikian sanggup kita ukur dengan mempergunakan satuan panjang atau satuan berat (Narendra, Moersitowati. 2002: 1).  judul artikel



Definisi Pertumbuhan adalah indikator dinamik yang mengukur pertambahan berat dan tinggi/ panjang anak. (Soekiman. 2000).

Definisi Pertumbuhan  (Growth) berkaitan dengan perubahan besar, jumlah, ukuran dan fungsi tingkat  sel, organ maupun individu yang diukur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen tubuh). (Supriasa. 2001: 27)

Menurut Jellife D.B (1989) pertumbuhan ialah peningkatan secara sedikit demi sedikit dari tubuh, organ  dan jaringan dari masa konsepsi hingga remaja. (Supriasa. 2001: 27)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan
Pertumbuhan dipengaruhi oleh 2  faktor utama yaitu: faktor internal dan faktor eksternal.
1.Faktor internal 
Soetjiningsih (1998) mengungkapkan bahwa faktor genetik merupakan modal dasar bagi  proses pertumbuhan. Melalui genetik yang berada dalam sel telur yang dibuahi, sanggup ditentukan kualitas dan kuantitas pertumbuhan.
2.Faktor Eksternal (Lingkungan) 
Faktor lingkungan sangat memilih tercapainya potensi genetik yang optimal.

1)  Gizi Ibu Saat Hamil 
Apabila status gizi ibu buruk, baik sebelum kehamilan dan selama kehamilan akan mengakibatkan berat tubuh lahir rendah (BBLR). Di samping itu, akan menjadikan terlambatnya pertumbuhan otak janin, anemia pada bayi gres lahir, bayi gres lahir memperringan dan sepele terinfeksi, abortus dan sebagianya.

2)  Mekanis
Kelainan bawaan pada bayi sanggup disebabkan oleh trauma dan cairan ketuban yang kurang. Demikian pula posisi janin yang tidak normal sanggup mengakibatkan banyak sekali kelainan pada bayi yang dilahirkan dan sanggup mengakibatkan pertumbuhan  terhambat.

3)  Toksin/ Zat kimia
Berbagai jenis obat yang bersifat racun menyerupai thalidomide, phenitom, methodion, obat anti kanker yang diminum ketika kehamilan akan mengakibatkan kelainan bawaan.

4)  Endokrin 
Jenis hormon yang berperan dalam pertumbuhan janin ialah somatotropin, hormon plasenta, hormon tiroid, insulin dan peptida-peptida lain dengan kegiatan menyerupai insulin. Hormon yang dihasikan kelenjar tiroid termasuk hormon pertumbuhan oleh lantaran itu apabila ada kelainan pada kelenjar ini. Produksi hormon akan terganggu yang menjadikan pertumbuhan terhambat.

5)  Radiasi 
Pengaruh radiasi pada bayi sebelum berumur 18 ahad sanggup menjadikan kematian, kerusakan otak, mikrosefali atau cacat bawaan lainnya.

6)  Infeksi
Cacat bawaan juga disebabkan  oleh abses intra uterine, dan jenis abses lain yang mengakibatkan penyakit pada janin ialah varisela, malaria, HIV, virus hepatitis dan virus ifluensa.

7)  Stress
Apabila ibu hamil mengalami kehilangan logika , akan menghipnotis tumbuh kembang jain yaitu berupa cacat bawaan dan kelainan jiwa.

8)  Anoksia Embrio
Menurunnya oksigenasi janin melalui gangguan pada plasenta atau tali pusat, dan mengakibatkan BBLR.

3.Faktor Lingkungan Pascanatal
1)  Lingkungan Biologis
Lingkungan biologis yang besar lengan berkuasa ialah ras, jenis kelamin, umur, gizi, perawatan kesehatan, kepekaan terhadap penyakit, penyakit  kronis, fungsi metabolisme yang saling terkait satu dengan yang lain.

2)  Lingkungan Fisik
Lingkungan fisik yang besar lengan berkuasa ialah cuaca, keadaan geografis, sanitasi lingkungan, keadaan rumah dan radiasi. Faktor cuaca dan keadaan geografis berafiliasi dengan insiden gagal panen yang berakibat asupan gizi keluarga rendah, keadaan ini yang mengakibatkan gizi kurang dan pertumbuhan anak akan terhambat.

3)  Faktor Psikososial
Faktor yang besar lengan berkuasa ialah stimulasi rangsangan, motivasi, ganjaran atau hukuman, kelompok sebaya, kehilangan logika s, lingkungan sekolah, cinta dan afeksi.

4)  Faktor Keluarga dan moral istiadat
Faktor keluarga dan adat  istiadat yang menghipnotis antara lain pekerjaan atau pendapatan keluarga, stabilitas rumah tangga, moral istiadat norma tabu serta urbanisasi.

Unicef dan Johnson (1992) menciptakan model interaksi tumbuh kembang anak dengan melihat alasannya ialah dasar, alasannya ialah tidak eksklusif dan alasannya ialah langsung. Sebab eksklusif ialah kecukupan makanan dan keadaan kesehatan. Penyebab tidak eksklusif mencakup ketahanan makanan keluarga, asuhan ibu bagi anak, sanitasi lingkungan dan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Salah satu layanan kesehatan bagi balita ialah posyandu (Supariasa. 2001 : 29) 

 bertambahnya jumlah sel serta jaringan  intraseluler Pengertian Pertumbuhan Definisi Menurut Para Ahli  dan Faktor yang mempengaruhi

Pertumbuhan Berat Badan Balita usia 0-60 bulan
Pada bayi umur 0-1 tahun terdapat kenaikan berta tubuh rata- rata berkisar antara
  • 700-100 gram/bulan pada triwulan I
  • 500-600 gram/bulan pada triulan II 
  • 350-450 gram/bulan pada triwulan III 
  • 250-350 gram/bulan pada triwulan IV

Pada  umur 2 tahun berat tubuh anak hanya 4 kali berat tubuh lahir. Kemudian pertambahan berat bdan anak hanya 2-3 kg/tahun hingga anak umur 9-10 tahun. (Narendra, Moersitowati. 2002: 34)


Daftar Pustaka - Pengertian Pertumbuhan, Definisi Menurut Para Ahli dan Faktor yang mempengaruhi

Narendra, Moersintowati. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: CV SAGUNG SETO.

Supariasa. 2001. Pepenilaianan Status Gizi. Jakarta: EGC 
Advertisement

Iklan Sidebar