-->

Info Populer 2022

Pengertian Hipotesis Definisi Berdasarkan Para Hebat Hipotesa

Pengertian Hipotesis Definisi Berdasarkan Para Hebat Hipotesa
Pengertian Hipotesis Definisi Berdasarkan Para Hebat Hipotesa
Pengertian Hipotesis Definisi Menurut Para Ahli Hipotesa - Pada umumnya setiap peneliti memakai hipotesis dan alangkah baiknya kita juga harus tahu apa itu pengertian dari hipotesis.
Sutrisno Hadi, Menjelaskan bahwa Hipo berasal dari bahasa Yunani yang berarti di bawah, kurang, lemah. Thesa dalam bahasa Yunani memiliki arti teori, proporsi yang diajukan sebagai bukti. Makara hipotesis ialah pernyataan yang masih lemah kebenarannya. (Sutrisno Hasi, 1976, Hal. 24).


Winarno Surachmad, mengemukakan secara Etimologi, Hipotesis adalah sesuatu yang masih kurang dari Hypo, sebuah kesimpulan ialah pendapat (thesa). Dengan kata lain bahwa, hipotesa ialah sebuah kesimpulan pendapat tetap itu belkum final, masih harus dibuktikan kebenarannya. “Hipotesa ialah suatu jawabanan dugaan, perkiraan besar kemungkinan untuk menjadi jawabanan yang benar” (Winarno Surachmad, 1983, hal. 38).

Sedangkan pakar lain menyampaikan bahwa, “Hipotesa tidak lain dari jawabanan sementara terhadap problem penelitia yang kebenaraanya harus diuji secara empiris”. (Moh. Nasir, Ph.D, 1983, hal.18).

Daftar Pustaka Pengertian Hipotesis Definisi Menurut Para Ahli Hipotesa
Winarno Surakhmad, 1985, Pengantar Penyelidikan Ilmu Dasar dan Metode IKIP Bandung

Sutrisno Hadi, 1975, Metodologi Research Jilid I, Yayasan Penerbit : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarat

M. Nashir , Ph.D, 1983, Metodologi Penelitian, Jakarta Gallia Indonesia
Advertisement

Iklan Sidebar