-->

Info Populer 2022

Pengertian Gosip Berdasarkan Para Jago Definisi

Pengertian Gosip Berdasarkan Para Jago Definisi
Pengertian Gosip Berdasarkan Para Jago Definisi
Pengertian Informasi Menurut Para AhliInformasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna untuk menciptakan keputusan. Informasi berguna untuk pembuat keputusan alasannya ialah isu menurunkan ketidakpastian (atau meningkatkan pengetahuan) Informasi menjadi penting, alasannya ialah menurut isu itu para pengelola sanggup mengetahui kondisi obyektif perusahaannya. Informasi tersebut merupakan hasil pengolahan data atau fakta yang dikumpulkan dengan metode ataupun cara – cara tertentu.


Pengertian Informasi Menurut Raymond Mc.leod   Informasi ialah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si akseptor dan berguna bagi pengambilan keputusan saat  ini atau mendatang .

Pengertian Informasi Menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM ialah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk dipakai dalam proses pengambilan keputusan.

Pengertian Informasi Menurut Jogiyanto HM., (1999: 692), “Informasi sanggup didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang ludang keringh berguna dan ludang keringh berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang faktual (fact) yang dipakai untuk pengambilan keputusan”

Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan isu sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang memakai data tersebut.

Pengertian Informasi Menurut George H. Bodnar, (2000: 1), “Informasi ialah data yang diolah sehingga sanggup dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat”

Pengertian Informasi Menurut Lani Sidharta (1995: 28), “Informasi ialah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk menciptakan keputusan”

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli - Anton M. Meliono (1990: 331), “Informasi ialah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut ialah untuk menghasilkan sebuah keputusan”

Pengertian Informasi Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), “Informasi ialah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan berguna bagi pengambilan keputusan ketika ini atau mendatang”

Dan Informasi ialah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai skor pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya  (Wikipedia - Indonesia).
Secara umum isu sanggup didefinisikan  sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang ludang keringh berguna dan ludang keringh berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang faktual yang dipakai untuk pengambilan keputusan.


Siklus Informasi

Secara umum isu sanggup didefinisikan  sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang ludang keringh berguna dan ludang keringh berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang faktual yang dipakai untuk pengambilan keputusan.

Sumber dari isu ialah data. Data ialah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian ialah sesuatu yang terjadi pada ketika tertentu.  Di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang sering terjadi ialah transaksi perubahan dari suatu skor yang disebut transaksi. Kesatuan faktual ialah berupa suatu obyek faktual menyerupai tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.

Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum sanggup bercerita banyak sehingga perlu diolah ludang keringh lanjut. Data diolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi. Data sanggup berbentuk simbol-simbol semacam huruf, angka, bentuk suara, sinyak, gambar, dsb. 

Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi, akseptor kemudian mendapatkan isu tersebut, menciptakan suatu keputusan dan melaksanakan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akan menciptakan sejumlah data kembali. Data tersebut akan ditangkap sabagai input, diproses kembali lewat suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus. Siklus isu ini sanggup digambarkan sebagai diberikut :

 data yang diolah menjadi bentuk yang berguna untuk  menciptakan keputusan Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Definisi

Gambar Siklus Informasi (Tata Sutabri, S.Kom., MM, 2005:21)



Kualitas Informasi  - Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Definisi

Kualitas isu ditentukan oleh beberapa faktor yaitu sebagai diberikut :
  • Keterpercayaan dan teruji kebenarannya.
    •  Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan.
  • Kesempurnaan informasi
    • Informasi disajikan dengan komplit tanpa pengurangan, penambahan, dan pengubahan.
  • Tepat waktu
    • Infomasi harus disajikan secara tepat waktu, alasannya ialah menjadi dasar dalam pengambilan keputusan.
  • Relevansi
    • Informasi akan mempunyai skor manfaat yang tinggi, jikalau Informasi tersebut sanggup diterima oleh mereka yang membutuhkan.
  • Mudah dan murah
    • Apabila cara dan biaya untuk memperoleh isu susah dan mahal, maka orang  menjadi tidak berminat untuk memperolehnya, atau akan mencari alternatif substitusinya (Budi Sutedjo Dharma Oetomo, 2002 : 16 -17).
Kualitas suatu isu tergantung dari tiga hal, yaitu :
  • Akurat, berarti isu harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus terperinci mencerminkan maksudnya.
  • Tepat pada waktunya, berarti isu yang diterima dilarang terlambat.
  • Relevan, berarti isu tersebut mempunyai manfaat dari pemakainya. 
 

Daftar Pustaka : Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Definisi

Tata Sutabri, Sistem Informasi Manajemen, 2005, Yogyakarta, Andi

Budi Sutedjo Dharma Oetomo. 2002. Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi.

Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo

Jogiyanto HM., Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta: 1999

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta: 2002

George H. Bodnar, William S. Hopwood, Sistem Informasi Akuntansi, Buku Satu, Salemba Empat,  Jakarta: 2000

Lani Sidharta, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, P.T. ELEX Media Komputindo, Jakarta: 1995

Anton M. Meliono, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta: 1990

Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta: 1991
Advertisement

Iklan Sidebar