KASUS I
Kasus seorang anak atau pelajar dan siswa di sebuah sekolah dasar atas nama Herman Maulana pelajar dan siswa kelas III yang sering bolos, tidak menggunakan seragam pada ketika proses berguru mengajar di sekolah. Seperti ketika kami mengumpulkan data perihal anak tersebut. Sungguh siswa yang kurang diperhatikan oleh keluarga yang disebabkan oleh salah satu faktor yakni faktor ekonomi keluarga yang rata-rata di bawah paling bagus.
Indikasi Kasus yang diperoleh:
a) Pada ketika berguru di kelas tidak menggunakan sepatu
b) Kadang-kadang pakainya berbeda dengan pakaian sahabat yang lain
c) Pada ketika KBM berlangsung sering mengalami kesusahan (IQ Rendah)
d) Kurangnya perhatian terhadap bahan yang diajarkan
e) Terlalu banyak santai di dalam kelas
f) Kurangnya minat dan motivasi
g) Sering mengganggu sahabat pada ketika KBM
Jenis bimbingan
a. Bimbingan Belajar
b. Bimbingan Pribadi
c. Bimbingan Pribadi
d. Bimbingan Belajar & pribadi
e. Bimbingan pribadi
f. Bimbingan Pribadi
g. Bimbingan Pribadi
Solusi
Dari hasil yang kami peroleh perihal perkara yang menimpah anak tersebut maka saya selaku pemerhati dan pengumpul isu perihal perkara sangat prihatin. Kalau kita melihat perkara tersebut memang pantas bagi kita calon seoran guru memmemberikankan perhatian khusus ibarat memmemberikankan bimbingan secara intensif baik itu bimbingan pribadi dalam acara berguru mengajar maupun acara kelompok.
Pada ketika Kegiatan berguru mengajar hendaknya kita identifikasi dan memmemberikankan pendekatan baik itu dengan cara memmemberikankan kiprah secara berkelompok ibarat mengaktifkan tutor sebaya semoga sama-sama menjadi aktif dalam mengerjakan kiprah kelompok.
KASUS II
Kasus seorang siswi kelas IV yang mempunyai IQ di bawah rata-rata atas nama Nurhilaliati di sebuah Madrasah yang sering mengalami kesusahan dalam memberikannteraksi dengan teman-temannya di dalam kelas. Seperti pada ketika KBM berlangsung hingga guru kewalahan memmemberikankan bimbingan secara khusus.
Identifikasi Kasus yang dialami:
a) Kurang bisa dalam berfikir
b) IQ terlalu rendah
c) Sering diganggu oleh teman-temanya
d) Merasa aib lantaran sering di ejek
e) Kurangnya motivasi dan minatnnya dalam berguru
f) Jarang masuk kelas
g) Sering terlambat
h) Transfer bahan yang dimemberikankan oleh guru sangat lambat
Jenis Bimbingan yang sanggup dimemberikankan
a) Bimbingan pribadi & belajar
b) Bimbingan pribadi
c) Bimbingan Sosial dan pribadi
d) Bimbingan pribadi
e) Bimbingan pribadi
f) Bimbingan pribadi & belajar
g) Bimbingan Pribadi
h) Bimbingan berguru
Solusi
Berdasarkan perkara dan kudang kecepeasaan yang saya temukan terhadap perkara yang dialami oleh seorang Nurhialliati sangat memperihatikan. Sudah sepantasnya seorang guru dan madrasah memmemberikankan perhatikan secara mendalam untuk kemajuan siswi tersebut.
Tapi ada satu rintangan yang dihadapi oleh guru yakni kewalahan dalam membimbing lantaran teman-temanya sudah mengerti tapi Nurhilaliati masih dibawah sesuai ketentuan, pemahamnnya terlalu lamban. Oleh lantaran itu perhatian atau bimbingan berguru dan bimbingan pribadi tetap dimemberikankan oleh guru ibarat wali kelas dan guru mata pelajaran khususnya.
Advertisement